Bersaing Ketat Dengan Shopee Dan Tokopedia, Lazada Gandeng DANA

8
James Dong CEO Lazada.

BeritaYogya.Com – Perusahaan besar Lazada menyuntik modal dua startup teknologi finansial (fintech) yakni TNG Digital Malaysia dan DANA Indonesia. Apakah investasi ini menjadi cara Lazada ‘menjebol’ besarnya ekosistem Shopee dan Tokopedia.  

CEO Lazada Group sekaligus CEO Lazada Indonesia James Dong mengungkapkan bahwa Nusantara merupakan pasar yang besar.

 “Oleh karena itu, ada banyak pemain di sini,” ucap dia dalam sebuah diskusi terbatas di Singapura, Kamis 1 September.

Dia juga memahami bahwa pesaing, seperti Shopee dan Tokopedia tentu membangun ekosistem sehingga disebut superapp atau aplikasi super. Shopee misalnya, membuat ShopeePay, ShopeeFood, ShopeePaylater hingga ShopeeLive.

Melalui investasi ke startup fintech DANA, Lazada ingin memperluas layanan keuangan.

“Tidak hanya pembayaran lewat dompet digital, tetapi juga paylater atau beli sekarang bayar nanti. Bahkan, dalam jangka panjang, layanan keuangan lainnya seperti pinjaman untuk penjual,” ungkapnya.


Pria asal Singapura itu ingin menyasar lebih banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

“Jadi investasi itu membantu kami menjadi jauh lebih kuat dan kami pasti akan menjelajahi lebih banyak layanan bersama-sama dalam melayani konsumen dan penjual dengan lebih baik,” kata James.

Ia menjelaskan, Lazada berfokus menggaet mitra lokal, termasuk DANA. Sebab, pemain lokal dinilai lebih memahami pasar.

“Kami tidak perlu menduplikasi upaya seperti yang telah dilakukan pemain lain di pasar ini. Kemudian kami dapat bergabung dalam melayani konsumen,” kata James. “Ini strategi keseluruhan dan filosofi panduan operasional kami.”

Masuknya Lazada ke DANA juga memperluas ekosistem mereka. Lazada menyuntik modal startup fintech ini bersama Sinar Mas.

Selain itu, e-commerce tersebut membeli saham dari Elang Mahkota Teknologi (Emtek). Emtek melepas kepemilikan saham di DANA kepada Lazadapay Holdings Pte Ltd. Nilai investasi penjualan saham US$ 304,5 juta atau sekitar Rp 4,51 triliun.

Penjualan saham dilakukan oleh Grup Emtek melalui anak usahanya, PT Kreatif Media Karya (KMK) atas saham PT Elang Andalan Nusantara (EAN).
Sedangkan DANA memiliki lebih dari 115 juta pengguna di Indonesia. Startup ini juga mempunyai lebih dari 900 karyawan, yang mayoritas merupakan para engineer teknologi keuangan. Fintech pembayaran itu mengolah rata-rata lebih dari 10 juta transaksi harian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here