Electric Vehicle Fun Day: Mendukung Kendaraan Ramah Lingkungan di Balikpapan

18
Sosialisasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai bertema Electric Vehicle Fun Day di Kalimantan (Foto: Kemenhub)

BeritaYogya.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan acara sosialisasi dan edukasi tentang Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan tema Electric Vehicle Fun Day di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu (12/11/2023). Acara ini merupakan upaya pemerintah dalam mengajak masyarakat beralih ke energi berkelanjutan di sektor transportasi.

Isu global yang saat ini dibahas adalah mengenai low emission mobility. Sebagai dukungan untuk mempercepat penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 39 tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

“Dengan tujuan mewujudkan energi bersih, kualitas udara bersih, dan ramah lingkungan, serta komitmen Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca, terutama pada sektor transportasi jalan,” kata Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan, saat membacakan sambutan Direktur Jenderal Perhubungan Darat pada Minggu (12/11/2023).

Indonesia dianggap sebagai pasar potensial untuk produksi dan penggunaan kendaraan listrik. Oleh karena itu, Pemerintah mendorong penguasaan teknologi industri dan perancangan kendaraan untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan bermotor.

Danto menekankan perlunya sinergi dalam membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. “Dalam membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, diperlukan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku industri otomotif, industri kreatif, dan komunitas serta masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Pada saat ini, populasi kendaraan listrik di Indonesia mencapai 95 ribu unit, meliputi sepeda motor roda dua, roda tiga, mobil penumpang, mobil bus, dan mobil barang.

Danto juga mengapresiasi semua pihak yang berpartisipasi dalam acara ini, sambil menyampaikan harapannya bahwa ekosistem kendaraan listrik dapat memberikan kontribusi signifikan untuk perbaikan sistem transportasi di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Balikpapan, Yosep Gunawan, menyatakan akan bekerja sama dengan pihak swasta dan komunitas untuk mengimplementasikan kebijakan kendaraan ramah lingkungan. Ia juga mengajak masyarakat Balikpapan untuk mendukung langkah-langkah positif dalam percepatan mewujudkan sistem transportasi yang ramah lingkungan.

“Mari kita tinggalkan jejak positif bagi generasi mendatang dengan menjadi bagian dari solusi perubahan iklim dan pelestarian lingkungan. Kita semua adalah mitra penting dalam mewujudkan Balikpapan yang hijau, bersih, dan berkelanjutan,” tambahnya.

Acara sosialisasi dan edukasi ini dimulai dengan riding dari Taman Bekapai menuju Lapangan Merdeka, diikuti oleh komunitas motor listrik, senam sehat, talkshow, serta berbagai hiburan seperti pembacaan pemenang lomba, pengundian doorprize, dan penampilan musisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here