Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Resmi Dilantik, Dr. R. Stevanus Soroti Belum adanya Perda Jogja Smart Province.

54
Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Periode 2022-2027 (Foto:Humas Pemda DIY)

BeritaYogya.Com – Senin 10 Oktober 2022, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY Paku Alam X dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta untuk masa jabatan 2022-2027.

Penetapan Gubernur dan Wagub DIY ini sesuai dengan mekanisme yang berdasarkan pada Undang-Undang Republik Indonesia (UU) Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY. Penetapan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wagub DIY masa jabatan 2022-2027 telah dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY dalam rapat paripurna pada 9 Agustus lalu.

Seluruh Anggota DPRD DIY menghadiri secara langsung acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027 tersebut.

Pelantikan tersebut juga dihadiri pula oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, serta perwakilan keluarga dari Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X.

Setelah melantik, Presiden RI Joko Widodo dalam keterangan persnya menyampaikan bahwa secara khusus kepemimpinan untuk periode 2022-2027 ini menitikberatkan pada dua hal, yakni masalah inflasi dan pangan. Seperti diketahui, keduanya menjadi isu internasional yang kini menerpa hampir semua negara di dunia. Oleh karena itu, berangkat dari daerah, kedua isu itu harus segera ditangani dengan baik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan kepada Gubernur beserta Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku alam X, agar segera mengalihkan fokus dalam pengendalian harga pangan dan inflasi di wilayah mereka.

“Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur DIY dapat segera bisa bekerja kembali,” kata Jokowi

“Yang paling penting saya titip kepada beliau untuk urusan yang berkaitan dengan harga pangan dan inflasi supaya menjadikan fokus perhatian,” lanjut Jokowi.

Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM Hadiri Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY di Istana Negara. (Foto: dr_stevanus)

Sementara Anggota Komisi D DPRD DIY Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM mengharapkan agar pada masa jabatan 2022-2027, Gubernur DIY Sultan HB X merealisasikan program prioritas seperti yang disampaikan dalam visi misi dan program Calon Gubernur DIY periode 2022-2027 dalam sidang paripurna DPDR DIY, Selasa 9 Agustus 2022. Ketiga program prioritas yang dimaksud adalah pembangunan kawasan selatan, reformasi kalurahan dan pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

“Saya berharap pada masa jabatan berikutnya, Gubernur DIY merealisasikan program prioritas seperti dalam visi dan misinya. Terutama pemanfaatan TIK agar digitalisasi pelayanan memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dan pelayanan publik,” kata Dr. R. Stevanus.

Menurut Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM. yang juga menjadi bagian dari Pansus Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, visi, misi dan program yang disampaikan Gubernur DIY sudah mencerminkan langkah strategis Gubernur DIY untuk mengimplementasikan, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai cara mengakselerasi proses transformasi birokrasi untuk memberikan layanan prima bagi masyarakat secara luas dan memujudkan jogja smart province dan membentuk society 5.0. Dan hal tersebut juga sesuai dengan harapan kebanyakan warga DIY.

Dr. R. Stevanus juga berharap Pemda DIY juga mendukung adanya Perda Jogja Smart Province agar cita-cita membangun Provinsi Cerdas mendapatkan payung hukum yang lebih jelas dan hal ini sangat sesuai dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur untuk periode 2022-2027.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here