Gunungkidul Mendorong Kreativitas melalui KRENOVAMASKAT

12
Penyerahan Hadiah KRENOVAMASKAT 2023 (Foto : Pemkab Gunungkidul)

BeritaYogya.com – Lomba Kreativitas Inovasi Masyarakat Penelitian, Karya Ilmiah, dan Inovasi Daerah (KRENOVAMASKAT) baru-baru ini diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Gunungkidul. 

Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yang dilaksanakan di ruang Handayani, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul telah dilakukan pada hari Selasa (12/9/2023).

Dalam penjelasannya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian, S.IP, M.Si, menyatakan bahwa tujuan dari penyelenggaraan lomba ini adalah untuk mendorong budaya riset/penelitian dan pembangunan di kalangan pelajar, masyarakat, maupun dalam pemerintahan/ASN.

“Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan untuk mengukur Indeks Inovasi Daerah Kabupaten Gunungkidul dan juga sebagai penghargaan kepada mereka yang telah berkontribusi dalam pengembangan inovasi daerah,” tutur Arif.

Arif juga mencatat bahwa jumlah peserta pada tahun 2023 mencapai 81 peserta, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 72 peserta. Selain itu, mereka juga menambahkan kategori baru, yaitu kategori Siswa SMP Sederajat.

Dalam acara tersebut, Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta secara langsung memberikan hadiah lomba kepada para pemenang dan mengapresiasi karya ilmiah yang telah dihasilkan oleh para pemenang.

“Mari kita pertahankan prestasi ini. Judul-judul karya ini sangat bagus, dan harus ditingkatkan lebih lanjut,” kata Sunaryanta

Namun, dalam sambutannya, Bupati juga menyayangkan bahwa potensi Gunungkidul yang cukup tinggi belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Meskipun kita memiliki potensi yang besar, terkadang kurangnya dorongan dan rasa minder, terutama dari orang tua, bisa menjadi kendala,” katanya. “Kalian telah mencapai prestasi luar biasa dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Saya, atas nama pemerintah, mengucapkan terima kasih atas prestasi yang telah kalian raih.”

Kategori lomba KRENOVAMASKAT mencakup:

a. Kelompok Masyarakat Umum Bidang/Urusan Potensi Unggulan Daerah

b. Kelompok Aparatur Sipil Negara (ASN)/ OPD Bidang/Urusan Tata Kelola/Pelayanan Publik/Inovasi Bentuk lainnya.

Kategori Penelitian dan Karya Ilmiah Pelajar meliputi:

a. Kelompok Siswa SMA/K sederajat Bidang Olahan Makanan

b. Kelompok Siswa SMA/K sederajat Bidang Sains/Teknologi

c. Kelompok Siswa SMP sederajat Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here