Intip Berbagai Keseruan Perayaan HUT RI ke 78 di Istana Negara

5
Atraksi pesawat tempur oleh TNI AU (Foto: Instagram @militer.udara)

BeritaYogya.com – Rangkaian beragam acara hiburan akan dipersembahkan dalam perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, yang akan diadakan pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang. Acara-acara tersebut telah direncanakan sebelum maupun setelah upacara pengibaran bendera.

Bey Machmudin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media di Sekretariat Presiden, menjelaskan bahwa pelaksanaan upacara tahun ini akan dilakukan dengan skala yang besar. Pada tanggal 17 Agustus mendatang, rangkaian acara akan dimulai lebih awal di pagi hari dengan menghadirkan pertunjukan seni sebagai bagian dari perayaan tersebut.

“Dan nanti di Monas akan dimulai pukul 08.10 WIB dimana akan ada penyerahan bendera yang akan dikibarkan kepada paskibraka yang akan membawanya ke Istana Merdeka,” kata Bey, mengutip siaran Sekretariat Presiden, Selasa (15/8/2023).

Sekretariat Presiden mengundang sekitar 8.000 anggota masyarakat umum untuk ikut menyaksikan upacara yang akan diadakan pada tanggal 17 Agustus 2023 di Istana Negara, Jakarta Pusat. Masyarakat yang ingin mengikuti acara ini telah mendaftarkan diri sebelumnya melalui situs web pandang.istanapresiden.go.id.

“Ada kejutan, kemarin kan setelah acara ada lagu-lagu macam-macam. ini kita lihat saja,” kata Arkamelvi yang tengah memantau jalannya Gladi Bersih.

Pada Gladi Bersih pengibaran bendera yang dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 15 Agustus 2023, sebanyak 76 anggota Paskibraka dari 38 provinsi berpartisipasi. Acara gladi dimulai dengan prosesi penurunan bendera merah putih, diikuti oleh serangkaian kegiatan di Monas, termasuk pengambilan bendera pusaka.

Ketika kirab berlangsung, pasukan diiringi oleh kelompok drum band asal akademi TNI-Polri. Terdapat pula pasukan berkuda dari detasemen Kuda Kavaleri AD dan perwakilan raja-raja dari 38 provinsi, serta pelajar dari SMA 3 Setiabudi, SMA 4 Jakarta Pusat, dan anggota Asosiasi Kebaya, yang ikut berbaris dalam kirab tersebut.

Perayaan HUT RI ke-78 di Istana Negara juga dimeriahkan dengan adanya formasi joget oleh helikopter. Hal ini menjadi keunikan perayaan kemerdekaan Indonesia tahun ini, di era pimpinan Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here