Karya Kreatif Indonesia 2023: Inovasi Kunci Majunya UMKM

7
Karya Kreatif Indonesia 2023 (Foto: Bank Indonesia)

BeritaYogya.com – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran krusial dalam perekonomian Indonesia. Dalam upaya mengembangkan UMKM yang inovatif, adaptif, dan produktif, Bank Indonesia bekerja sama dengan berbagai Kementerian, Lembaga, Asosiasi, dan Industri. Tujuannya adalah untuk mendukung visi dan misi utama Bank Indonesia. Sebagai apresiasi terhadap perkembangan UMKM, sejak 2016 Bank Indonesia menggelar acara Karya Kreatif Indonesia (KKI). 

Acara ini menampilkan pameran produk terbaik UMKM serta serangkaian kegiatan lainnya. Melalui KKI, UMKM di seluruh nusantara, yang bekerja sama dengan Bank Indonesia, didorong untuk terus berinovasi, meningkatkan kualitas produk agar sesuai dengan keinginan konsumen, fokus pada ekspor, serta memanfaatkan teknologi digital dalam upaya memperluas pasar mereka hingga ke tingkat internasional.

KKI bertindak sebagai platform yang memfasilitasi kerjasama dan kolaborasi antara para pemangku kepentingan dan UMKM di Indonesia. Selain itu, KKI juga menjadi sarana untuk mengenalkan inisiatif-inisiatif terbaru, tren, dan teknologi yang bisa mendorong perkembangan UMKM. Acara ini sejalan dengan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #diIndonesiaAja, serta mendukung visi ASEAN 2023.

Dalam penyelenggaraannya pada tahun 2023, KKI mengusung tema #BadarauNusantara yang menekankan kolaborasi untuk meningkatkan semangat inovasi dan pembaruan UMKM di seluruh wilayah Indonesia. Tema ini bertujuan untuk memotivasi UMKM agar terus berinovasi dan siap menyongsong peluang yang datang, memperkuat peran mereka dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

KKI 2023 menawarkan serangkaian kegiatan menarik, termasuk Pameran yang menampilkan 300 UMKM terpilih, Pesona Kopi Nusantara yang dihadirkan oleh 45 UMKM, Talk Show, pertemuan bisnis (Business Matching), pertunjukan kreatif, Creative Makerspace, area interaktif, serta pameran inovasi teknologi. Ayo, mari kita bersama-sama mendukung “Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia” dengan menghadiri acara Karya Kreatif Indonesia 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here