Kepulauan Seribu Menyambut Tim Verifikasi KKS 2023 di Pulau Untung Jawa

7
Tim Verifikator Lapangan Kabupaten/Kota Sehat (Verlap KKS) Tingkat Nasional 2023 di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

BeritaYogya.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menerima kunjungan Tim Verifikator Lapangan Kabupaten/Kota Sehat (Verlap KKS) Tingkat Nasional 2023 di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan.

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, dengan senang hati menyambut kunjungan Tim Verifikasi KKS 2023 ke wilayahnya, yang merupakan salah satu lokasi pengujian dalam penghargaan Swastisaba.

Pulau Untung Jawa dipilih sebagai lokasi khusus (lokus) dari kunjungan lapangan ini, mewakili lima kelurahan di Kepulauan Seribu, karena dekat dengan daratan Jakarta dan fasilitasnya merepresentasikan lima kelurahan lainnya.

Menurut Junaedi, kebutuhan dasar warga Kepulauan Seribu hampir terpenuhi oleh pemerintah. Misalnya, kebutuhan akan air bersih di pulau-pulau penduduk yang sudah dilengkapi dengan Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), listrik 24 jam, jaringan internet, pengelolaan limbah, pendidikan dari tingkat dasar hingga atas, dan layanan kesehatan di RSUD dan puskesmas.

Junaedi juga mengucapkan terima kasih kepada kelurahan dan warga yang telah bersatu dalam menciptakan kampung sehat.

Ketua Tim Kerja Penyehatan Udara Tanah dan Kawasan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Ely Setyawati, menjelaskan bahwa kegiatan hari ini merupakan tahap validasi fisik yang merupakan kelanjutan dari verifikasi KKS sebelumnya. Dia berharap penilaian ini akan memberikan keberhasilan dan kesuksesan bagi Kepulauan Seribu.

Ely juga menyebutkan beberapa aspek yang dinilai dalam kegiatan ini, seperti kehidupan masyarakat, pemukiman, sekolah sehat, pariwisata sehat, transportasi, perlindungan sosial, dan upaya pencegahan bencana. Dia berharap bahwa hasil penilaian ini akan membantu Jakarta meraih penghargaan Swastisaba.

Kepala Biro Kesejahteraan Sosial DKI Jakarta, Wahyu Haryadi, mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada Tim Pembina KSS Pusat. Dia menyatakan dukungannya dengan harapan agar DKI Jakarta dapat meraih prestasi terbaik di tingkat nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here