Kolaborasi PT INTI (Persero) dan Sberbank of Russia untuk Digitalisasi Indonesia

69
: Momen usai penandatanganan MOU terkait kerja sama PT INTI dan Sberbank di Jakarta pada Kamis (2/11/2023). (Dok. PT INTI)

BeritaYogya.com – PT INTI (Persero) telah menjalin kerja sama dalam proyek digitalisasi Indonesia dengan Sberbank of Russia, sebuah perusahaan terbesar di Federasi Rusia yang pemegang saham utamanya adalah Kementerian Keuangan Rusia.

Mochamad Hadiyana, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kementerian Komunikasi dan Informatika, menyatakan dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika terhadap kolaborasi PT INTI dengan Sberbank. 

Dukungan ini diwujudkan melalui arahan yang diberikan bersama Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bonifasius Pudjianto, serta Staf Ahli Wakil Menteri Bidang Kapabilitas Birokrasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dewi Ratih Kamiliah.

Bonifasius Pudjianto, Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, menambahkan bahwa digitalisasi nasional, baik dalam konteks sistem e-government maupun publik, memerlukan payung hukum yang komprehensif. 

Tujuannya adalah untuk melindungi data, khususnya data pribadi, dan konten-konten dari informasi yang tidak relevan dalam pengembangan aplikasi untuk publik dan pemerintah.

Dewi Ratih Kamiliah, Staf Ahli Wakil Menteri Bidang Kapabilitas Birokrasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, menjelaskan bahwa setiap perusahaan asing yang ingin berbisnis di Indonesia diharuskan berkolaborasi dengan perusahaan nasional untuk melakukan transfer teknologi. 

PT INTI diharapkan dapat memainkan peran penting sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam sektor teknologi nasional, menerima transfer pengetahuan dan teknologi yang akan membantu membangun dan menjadi produsen teknologi nasional di masa depan.

Kolaborasi antara PT INTI (Persero) dan Sberbank of Russia harus melalui tahapan uji konsep sebelum diimplementasikan di instansi pemerintah dan masyarakat publik. Hal ini penting untuk memastikan konsep dan teknologi yang diusung berhasil dan dapat dieksekusi dengan baik.

Direktur Utama PT INTI (Persero), Edi Witjara, menegaskan bahwa kolaborasi kedua negara ini akan difokuskan pada digitalisasi industri, terutama dalam layanan finansial, keamanan, peralatan cerdas (smart devices for end users), layanan kesehatan (healthcare), pendidikan, pariwisata, olahraga, dan hiburan di Indonesia. 

Kolaborasi ini telah ditandai oleh Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MOU) antara Direktur Utama PT INTI (Persero), Edi Witjara, dan First Deputy Chairman of the Executive Board of Sberbank of Russia, Alexander Vedyakhin, pada tanggal 2 November 2023, di Jakarta. Edi juga menekankan pentingnya kolaborasi strategis ini untuk menciptakan dampak positif di pasar yang dituju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here