Mengenali DIY dari Masa Panembahan Senopati hingga Hari Ini melalui Diorama

37
Pintu Masuk Diorama Arsip Jogja (Foto : Dokumentasi Pribadi)
Pintu Masuk Diorama Arsip Jogja (Foto : Dokumentasi Pribadi)

BeritaYogya.com – Diorama Arsip Jogja adalah diorama yang menampilkan arsip-arsip sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilakukan untuk mengenalkan sejarah DIY secara berurutan mulai dari masa Panembahan Senopati hingga kini, serta menampilkan keistimewaan-keistimewaan DIY lainnya kepada generasi muda dengan cara yang menarik dan berbeda.

Diorama Arsip Yogyakarta diresmikan pada Kamis, 24 Februari 2022 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Lokasi Diorama Arsip Yogyakarta ini terletak di Lantai 1 Gedung DEPO ARSIP yang berada di Jalan Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55198, Indonesia.

Diorama Arsip dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY. Arsip-arsip yang ditampilkan juga bersumber pada koleksi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, lembaga-lembaga arsip negara dan swasta di dalam negeri maupun luar negeri, serta koleksi pribadi.

Arsip-arsip yang ditampilkan oleh Diorama Arsip Yogyakarta berbentuk arsip teks, arsip visual, arsip lisan, dan juga sejarah lisan yang semuanya ditampilkan dengan tataan dan tafsiran yang unik dan kreatif, dengan tujuan untuk memberikan sajian informatif dan edukatif, tetapi juga menghibur.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY, Dra. Monika Nur Lastiyani, MM, menjelaskan bahwa dalam pembuatan diorama arsip, ada sekitar 250 seniman dan ahli teknologi, praktisi audio video, ahli kearsipan, ahli sejarah, akademisi dan juga praktisi dari berbagai bidang ilmu yang membantu mengawasi.

Harapannya, para pengunjung arsip, khususnya pelajar, mahasiswa, akademisi, atau peneliti dapat memanfaatkan diorama kearsipan.

Akses arsip sejarah yang luas yang diberikan oleh diorama kearsipan dapat digunakan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, serta pembangunan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here