Pekerja PT Mitra Adi Jaya Terima BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

17
Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) (Foto : Pemkab Sleman)

BeritaYogya.com – Pemerintah Kabupaten Sleman, melalui Dinas Sosial Kabupaten Sleman, telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) pada Selasa (21/11/2023). 

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut langsung kepada pekerja pabrik rokok di Kabupaten Sleman, khususnya di kantor PT Mitra Adi Jaya, Kapanewon Berbah.

Pekerja pabrik rokok menerima BLT sebesar 600 ribu rupiah secara simbolis, diserahkan kepada 3 perwakilan pekerja. 

Proses penyaluran BLT melibatkan kerjasama antara Pemkab Sleman dan Bank Sleman.

Danang menyampaikan bahwa BLT yang diberikan kepada pekerja dari DBHCHT merupakan hasil kerja sama dari berbagai pihak untuk memberikan bantuan kesejahteraan kepada pekerja, terutama di pabrik rokok. 

Dia berharap penerima manfaat BLT dapat memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Ini sebagai komitmen kami Pemkab Sleman untuk memberikan kesejahteraan bagi pekerja, terutama pekerja pabrik rokok di Kabupaten Sleman. Semoga setiap tahun kita bisa terus memberikan BLT,” tuturnya.

Danang juga menyoroti harapan agar perkembangan pabrik rokok di Sleman mampu menyerap banyak tenaga kerja, khususnya warga Sleman, serta mengurangi tingkat pengangguran. 

Hal ini diharapkan dapat membantu dalam menaikkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Sementara itu, Ketua PP Forum Serikat Pekerja RTMM SPSI, Sudarto, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan advokasi dengan Kementerian Keuangan untuk mendapatkan kejelasan regulasi terkait bantuan DBHCHT. 

Sudarto menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Sleman karena menurut pemetaan mereka, serapan dana di Sleman dimanfaatkan secara maksimal. 

Ia berharap bahwa praktik serupa dapat diterapkan di daerah lain agar dana tersebut dapat tepat sasaran.

Ari Nugroho, Direktur PT Mitra Adi Jaya, menyampaikan bahwa jumlah penerima bantuan BLT di kantor mereka mencapai 1202 pekerja, yang sebagian besar berasal dari Kabupaten Sleman. 

Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sleman dan semua pihak yang membantu penyaluran BLT DBHCHT ini. 

Ia berharap bantuan ini akan memberikan manfaat baik bagi pekerja maupun perusahaan, meningkatkan produktivitas, dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan pekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here