Penerapan Smart Living dalam Jogja Smart Province

39
Ilustrasi (Foto: iStock)

BeritaYogya.com – Smart Living merupakan suatu konsep yang terintegrasi  pada peralatan kerja elektronik dan tata cahaya dalam tempat tinggal atau kantor yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dan untuk meningkatkan efektivitas dan efisien kinerja seseorang. Konsep smart living berupa integrasi aneka peralatan elektronik di ruang kerja atau kantor seperti laptop, TV, printer, audio system, handphone, fax dan lain sebagainya.

Manfaat dari konsep smart living adalah dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan di sebuah ruangan, menambah nilai estetika ruang kerja dan meningkatkan efisiensi konsumsi energi listrik dengan sistem kendali dan tata cahaya dalam sebuah ruangan. Smart living adalah dimensi smart city yang menjamin kelayakan taraf hidup pada masyarakat yang berdasarkan pada tiga elemen yaitu kelayakan pola hidup, kelayakan kualitas kesehatan dan kelayakan moda transformasi.

Saat ini konsep smart living masih belum banyak diadopsi oleh perkantoran. Tetapi konsep smart living digadang gadang akan menjadi sebuah tren, hal ini dibuktikan dengan laporan Dell and Intel Future Workforce Study 2016 yang mengatakan bahwa sekitar 45%  di Wilayah Asia Pasifik dan jepang (APJ) berharap dalam 5 tahun kedepan mereka dapat  bekerja disebuah smart office yang menawarkan internet of  things (IoT) dan berbagai teknologi lainnya seperti Artificial Intelligence (AI).

Beberapa Kota yang telah melakukan smart living adalah Jakarta, Semarang, Makassar, Surabaya dan Yogyakarta. Dari beberapa kota tersebut sudah menerapkan konsep smart living dan juga smart city. Dimana di kota kota tersebut sudah dapat mengakses aplikasi CCTV publik, sistem perizinan bangunan secara online,  pemantauan banjir dan lain sebagainya.

Jogja Smart Province sangat diperlukan bagi masyarakat Jogja. Hal ini dikarenakan Jogja smart province dianggap dapat mempermudah aktivitas masyarakat Jogja. Seperti masyarakat yang dapat mengakses CCTV publik, melakukan  pendaftaran rumah sakit dari jarak jauh, pembuatan izin pembangunan dari jarak jauh dan lain lain.

Program Jogja Smart Province dikatakan sebagai program strategis karena merupakan program yang mendukung penyelesaian isu strategis yang dibagi menjadi 5 dimensi besar yaitu smart governance, smart culture, smart environment, smart living dan smart society. Dengan mengikuti pesatnya kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi maka diharapkan isu strategis yang meliputi 5 dimensi tersebut dapat segera terselesaikan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here