Pengumuman Cawapres Ganjar Hari Ini, Apakah Mahfud MD Pilihan Utama?

6
Pengumuman Calon Wakil Presiden Pendamping Ganjar Pranowo ( Foto : Youtube PDI Perjuangan )

BeritaYogya.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD akan diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. 

Informasi ini berasal dari tiga sumber yang berasal dari tiga partai berbeda di koalisi pendukung Ganjar yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hanura. dan Perindo.

Sumber lain dari partai yang mendukung Ganjar juga mengonfirmasi bahwa Mahfud dipilih sebagai cawapres. 

Pengumuman tersebut akan dilakukan setelah mendapatkan instruksi langsung dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Instruksi ini diberikan setelah Hasto dan pimpinan PDIP berkunjung ke rumah Megawati untuk melaporkan dinamika politik terkini, terutama setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas usia calon presiden dan wakil presiden yang harus berusia 40 tahun atau memiliki pengalaman sebagai kepala daerah pada Selasa (17/10/2023).

Sinyal bahwa Mahfud akan menjadi cawapres semakin kuat setelah ia terlihat bertemu dengan Megawati.

Kabar ini muncul setelah beredar sebuah foto Megawati bersama Mahfud. Foto itu diambil di rumah Megawati, namun tanggal pastinya tidak diketahui.

Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Muhammad Romahurmuziy alias Romy, memberikan ciri-ciri calon wakil presiden yang dipilih untuk mendampingi Ganjar, yaitu memiliki pengalaman di eksekutif, legislatif, dan yudikatif. 

Mahfud, dengan rekam jejaknya sebagai anggota DPR, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), dan saat ini sebagai Menko Polhukam, memenuhi kriteria ini.

Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo, Benny Rhamdani, mengonfirmasi bahwa cawapres Ganjar memiliki inisial “M,” tetapi tidak merinci identitasnya. 

Dua nama yang mencuat sebagai kandidat cawapres potensial untuk Ganjar adalah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Nama-nama lain yang muncul termasuk Mantan Gubernur Jawa Barat dan Politikus Golkar Ridwan Kamil serta kader Partai PPP Sandiaga Uno.

Pada malam sebelum pengumuman, Mahfud bertemu dengan Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO), yang merangkulnya dalam momen tersebut. 

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dijadwalkan akan mengumumkan calon wakil presiden pada pukul 10.00 WIB pada hari berikutnya.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, telah menyatakan bahwa calon wakil presiden Ganjar telah mengerucut ke satu nama dan pengumuman akan segera dilakukan. 

Beberapa nama, termasuk Mahfud MD, masuk dalam bursa cawapres Ganjar, tetapi Mahfud belum memberikan konfirmasi resmi terkait perannya dalam Pilpres 2024.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here