Politisi PSI DIY Mendukung Kegiatan Gelar Budaya Unduh-Unduh di Klitren

27
Politisi PSI DIY Dukung Pagelaran Seni Budaya Unduh-Unduh di Klitren

BeritaYogya.Com – Paguyuban Seni dan Budaya Kelurahan Klitren bersama elemen masyarakat yang bersinergi dengan berbagai pihak seperti dinas kebudayaan, komunitas budaya, tokoh masyarakat menggelar Upacara Adat dan Budaya Unduh-Unduh (28/05/2023)

Pergelaran seni dan budaya ini dihadiri dari berbagai kalangan. Seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan dari Pemkot Yogyakarta, perwakilan dinas kebudayaan, Universitas di wilayah Gondokusuman, Kemantren Gondokusuman, Kelurahan, RW,RT, LPMK dan warga Gondokusuman dan sekitarnya.

Dr. R. STevanus C. Handoko S.Kom., MM Anggota DPRD DIY bersama Pemuka Agama dari Wilayah Kemantren Gondokusuman

Acara ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan berkah kepada umat manusia yang diwujudkan dalam bentuk persembahan berupa Gunungan yang terbuat dari berbagai macam hasil bumi, sayur-sayuran, jajanan pasar, dan barang konsumtif lainnya.

Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia menyampaikan bahwa gelaran budaya yang dilakukan hari ini perlu diapresiasi dan terus dilakukan. Kegiatan perarakan, pementasan atraksi budaya menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar dan memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan.

“Keterlibatan warga dalam menjaga kebudayaan, tradisi gotong royong, kebersamaan, membangun semangat solidaritas sangat baik untuk memperkuat kebersamaan, persatuan dan kesatuan antar warga”, ujar Dr. R. Stevanus.

“Atraksi yang dilakukan ternyata melibatkan anak-anak dan remaja. Hal ini sangat baik sebagai bentuk mengenalkan, meningkatkan, mengembangkan dan melestarikan budaya. Regenerasi pelaku budaya diperlukan disaat era digital yang mendorong perubahan di masyarakat”, ungkap Dr. R. Stevanus.
Setelah semua prosesi selesai, seluruh gunungan yang mengikuti Kirab Budaya langsung diperebutkan oleh seluruh warga/masyarakat Kelurahan Klitren yang sudah berkumpul di Embung Langensari.

Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM Anggota DPRD DIY Bersama Mantri Kemantern Gondokusuman

“Semoga Gelar Budaya Unduh-Unduh ini menjadi ikon kegiatan budaya di wilayah Kelurahan Klitren, sekaligus menjadi salah satu magnet wisata budaya tahunan yang nantinya dapat berdampak positif bagi warga sekitar dalam meningkatkan kesejahteraan melalui wisata budaya”, ujar Dr. R. Stevanus.

“Berharap, semua pihak bisa berkolaborasi untuk dapat meningkatkan skala pergelaran sehingga benar-benar bisa menjadikan kegiatan ini dapat dilakukan secara periodic dan bereffect langsung dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung”, pungkas Dr. R. Stevanus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here