Presiden Joko Widodo Hadiri KTT BRICS di Afrika Selatan

6
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Foto: Setneg)

BeritaYogya.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerja nya di Afrika Selatan. Di sana Jokowi menghadiri KTT BRICS. Berdasarkan keterangan dari KBRI Pretoria, Afrika Selatan Jokowi sampai di Johannesburg pada hari rabu (23/8/2023) waktu setempat.

Kedatangan Jokowi disambut langsung oleh pejabat teras Afrika Selatan bersama Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Afrika Selatan merangkap Botswana, Eswatini, Lesotho dan Saud Purwanto Krisnawan.

Saat sampai di bandara Jokowi langsung disambut dengan tarian penyambutan dari Afrika Selatan, Tari Zulu. Jokowi juga menghadiri serangkaian pertemuan bilateral dari beberapa negara, beberapa diantaranya adalah Republic of Congo dan tuan rumah KTT itu sendiri, Afrika Selatan.

Kunjungan Jokowi ke Afrika Selatan adalah lanjutan dari Kunjungan ke Benua Afrika. Sebelumnya Presiden Jokowi  telah berkunjung ke tiga negara lain di Afrika yaitu Kenya, Mozambik dan Tanzania. Kunjungan ini adalah kunjungan pertama Jokowi ke Afrika Selatan.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno LP Marsudi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung turut menjadi rombongan kepresidenan dalam kunjungan ke Afrika Selatan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here