Prokasih dan Penanaman Pohon di Sungai Bedog untuk Bantul Bersama

3
Program Kali Bersih dan Penanaman Pohon di Pajangan Bantul (Foto : Pemkab Bantul)

BeritaYogya.com – Kegiatan Program Kali Bersih (Prokasih) dan penanaman pohon yang digerakkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul kembali diadakan di Sungai Bedog, Sendangsari, Pajangan, pada Kamis (26/10/2023). 

Prokasih tahun ini secara bersinergi dengan peringatan Hari Santri dan sekaligus menjadi refleksi dua tahun pelaksanaan program Bantul Bersih Sampah 2025 (Bantul BERSAMA). 

Semua ini dimaksudkan untuk menjadi momentum percepatan dalam mencapai tujuan strategis Bantul BERSAMA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho, S.T., M.Sc., menjelaskan bahwa tujuan utama dari program Prokasih adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya merawat sungai dan kesadaran akan perlunya pelestarian lingkungan demi menciptakan kehidupan yang berkelanjutan.

“Berdasarkan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) dengan fokus pada Indeks Kualitas Air (IKA) tahun 2022, tingkat pencemaran sungai di Kabupaten Bantul berada pada tingkat sedang,” tutur Ari.  

Hal ini menjadi sebuah tantangan besar bagi Kabupaten Bantul, terutama karena daerah ini terletak di hilir atau downstream, sehingga harus menanggung beban pencemaran air yang lebih besar dibandingkan dengan daerah hulu atau tengah.

“Pencemaran sungai disebabkan oleh persepsi yang masih ada di masyarakat bahwa sungai adalah tempat pembuangan yang sering kali dianggap sebagai halaman belakang rumah,” sambungnya.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, yang juga turut serta dalam kegiatan ini, mengungkapkan bahwa masalah sampah telah menjadi permasalahan serius, tidak hanya di Kabupaten Bantul, melainkan juga di seluruh Indonesia. 

Beliau menyoroti bahwa gaya hidup saat ini menjadi salah satu penyebab bertambahnya jumlah sampah.

“Kita tidak dapat menghindari realitas ini, sehingga yang perlu kita siapkan adalah bagaimana kita mengelola dan mengurangi sampah yang kita hasilkan,” terang Halim. 

Bupati juga mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam memulihkan kualitas lingkungan hidup kita seperti yang ada pada zaman dahulu, karena kita semua memiliki tanggung jawab untuk menyediakan lingkungan yang layak bagi generasi mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here