USB 4 2.0 Dengan Tawaran Transfer Data Hingga 80 Mbps

2
Konsorsium USB Promoter Group Mengeluarkan USB 4 (Foto: GamingDeputy)

BeritaYogya.Com – Konsorsium USB Promoter Group mengumumkan standar dan spesifikasi baru dari USB 4 2.0. Konsorsium USB Promoter Group menawarkan kecepatan transfer data hingga 80 Gbps. Kecepatan USB 4 2.0 dua kali lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya, yaitu USB 4 1.0 dengan kecepatan maksimum 40 Gbps secara dua arah.

Penetapan standar baru ini akan terus menggunakan standar konektor USB tipe-C. Hal ini ditujukan agar para pengembang (developer) bisa mempersiapkan diri terkait perubahan arsitektur dari bakal dilakukan di masa yang akan datang.

 Menurut Brand Saunders selaku Ketua Konsorsium USB Promoter Group, spesifikasi USB 4 yang telah diperbaruhi bakal terus mengandalkan ekosistem USB-C. Sebab, keputusan tersebut dinilai dapat meningkatkan kinerja dari proses transfer data.

“Solusi yang paling diuntungkan dari peningkatan kecepatan ini terdiri dari tampilan (USB) yang berkinerja lebih tinggi, penyimpanan, hub dan dok berbasis USB,” ungkap Brad.

Oleh karena itu, sejumlah fitur yang dihadirkan di USB 4 2.0 kali ini adalah menggunakan arsitektur lapisan fisik yang baru sehingga memungkinkan adanya peningkatan kecepatan data standar, yang nantinya dapat bekerja melalui kabel pasif USB-C 40 Gbps dengan kabel aktif USB-C 80 Gbps.

Selain kabel pasif USB-C 40 Gbps, penggunaan USB-C 80 Gbps juga akan kompatibel dengan kabel pasif lainnya, seperti USB 3.2, USB 2.0 dan Thunderbolt 3. Tidak hanya itu saja, penggunaan artistektur yang baru juga memungkinkan perpindahan data dari USB 3.2 mampu melebihi 20 Gbps. Dengan adanya pembaruan ini selaras dengan versi terbaru dari spesifikasi DisplayPort 2.0 dan PCIe 6.0.


Berdasarkan laproran dari GSM Arena, hal ini dapat memberikan keuntungan yang cukup besar bagi para penggemar game (gamer). Sebab, pengguna dapat menghubungkan GPU eksternal ke laptop dan dapat menikmati pengalaman bermain game seperti di komputer. USB Promoter Group sendiri mengungkapkan bahwa rincian terkait spesifikasi USB 4 2.0 bakal diumumkan secara resmi dalam sebuah acara konferensi berjatuk “USB Developer Days 22”. Acara tersebut diselenggaranakn pada 1 November 2022 di Kota Seattle, Washington.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here