500 Pekerja Informal di Yogyakarta Didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan melalui Inisiatif Kolaboratif

7
Penerimaan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan ( Foto : Pemkot Jogja )
Penerimaan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan ( Foto : Pemkot Jogja )

BeritaYogya.com – Semangat kerja sama yang terus diperkuat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya.

Salah satu inisiatifnya adalah kolaborasi dengan The Alana Hotel Malioboro untuk mendaftarkan 500 pekerja informal, yang tidak menerima upah (BPU), di wilayah tersebut ke dalam program jaminan sosial yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta sangat mendukung langkah ini sebagai langkah ekspansi dalam memperluas jangkauan perlindungan, sehingga lebih banyak pekerja informal dapat memanfaatkan program ini.

“Pemkot Yogya sepenuhnya mendukung usaha untuk meningkatkan perlindungan masyarakat, terutama para pekerja,” tutur Singgih.

Menurutnya, keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan manfaat besar dalam memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada pekerja informal.

“Bagi pekerja, perlindungan ini memberikan rasa aman tambahan saat mereka bekerja. Bagi keluarga pekerja, ini juga memberikan kepastian dalam menjaga stabilitas ekonomi mereka jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Sementara itu, Cha Regional GM Area Central Archipelago, Yohanes Sulistiyono Hadi, menjelaskan bahwa jaminan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada pekerja informal meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

“Perlindungan ini bermanfaat sebagai pengaman bagi peserta ketika mereka mencari nafkah dan memberikan santunan kepada keluarga peserta jika terjadi kematian,” ujarnya di Pendopo Asmorodhono Kemantren Mantrijeron, Rabu (4/10/2023).

Selain itu, tambahnya, program ini juga memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada semua pekerja informal.

“Ini juga merupakan wujud dukungan kami terhadap Pemkot Yogya dalam program kerjasama dan program nasional ‘Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda (Sertakan)’,” tambahnya.

Pihaknya menekankan bahwa mereka akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Yogyakarta melalui program tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan (TSLP) yang dimiliki oleh The Alana Malioboro Hotel.

“The Alana Malioboro secara rutin setiap bulan melaksanakan program TSLP untuk memberikan bantuan kepada masyarakat, komunitas, dan yayasan/panti yang membutuhkan,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here