Balikpapan Menjadi Tuan Rumah Indonesia Quality Expo 2023

1
Indonesia Quality Expo 2023 di Balikpapan (Foto: Pemerintah RI)

BeritaYogya.com – Pada tanggal 9 hingga 12 November 2023, Balikpapan akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Indonesia Quality Expo (IQE) ke-11. Acara nasional ini, yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN), akan berlangsung di Gedung Dome Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) di Jalan Ruhui Rahayu I, Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerjasama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri, mengungkapkan bahwa IQE akan menjadi momen penting bagi Kota Balikpapan dan Provinsi Kalimantan Timur. Setiap tahun, IQE diselenggarakan di berbagai lokasi dan kota, tetapi tahun ini, IQE akan berlangsung di Kota Balikpapan.

Acara IQE diadakan dalam rangka memperingati Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional. Bapak Isran Noor, Gubernur periode 2018-2023, memberikan dukungannya untuk IQE 2023 dan mengajak seluruh pemangku kepentingan di Kalimantan Timur untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Penyelenggaraan IQE di Balikpapan memiliki strategisitas tersendiri karena lokasinya yang berdekatan dengan pembangunan Ibukota Negara Nusantara (IKN) dan Samarinda, ibu kota provinsi Kalimantan Timur. 

Pembangunan ini memiliki banyak kaitan dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), seperti penggunaan bahan material bangunan, termasuk baja untuk infrastruktur, serta konsep SMART CITY. IQE diharapkan dapat memperkuat penerapan SNI di wilayah tersebut.

IQE akan memamerkan berbagai produk unggulan ber-Standar Nasional Indonesia (SNI), yang akan menjadi tempat bagi pemangku kepentingan standardisasi di seluruh Indonesia untuk berinteraksi, berbagi informasi, mencapai kesepakatan, mempromosikan produk unggulan, mendukung UMKM, serta menggali peluang dan potensi yang ada.

Rangkaian kegiatan IQE akan diisi dengan berbagai acara pendukung, termasuk talkshow, sosialisasi terkait standardisasi, demonstrasi produk SNI, lomba-lomba edukasi SNI, hiburan musik, dan kuis/grand prize produk ber-SNI.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Provinsi Kalimantan Timur, Heni Purwaningsih, juga memberikan dukungannya terhadap IQE dan mengajak semua pihak, termasuk instansi, pelaku usaha, dan masyarakat Kota Balikpapan, untuk menghadiri IQE ke-11 tahun 2023.

Selain itu, Panitia Pelaksana yang dipercayakan oleh BSN, yaitu PT. Fery Agung Corindotama (Feraco), juga menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan berbagai acara menarik dalam IQE 2023. Mereka akan menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik, baik di dalam Gedung BSCC Dome maupun di luar, seperti Gebyar UMKM Ber-SNI/Berstandar Internasional Berorientasi Ekspor, Festival Kuliner Nusantara, Kompetisi Band Tingkat Pelajar dan Mahasiswa, Live Music, Lomba Menggambar Tingkat Sekolah Dasar, Test Drive Mobil Mainan Drift, Kendaraan Bermotor, Kendaraan Listrik, dan Senam Sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here