Bantul Raih Piagam dari MURI untuk Rekor Jumlah Peserta Tarian Montro Terbanyak

8
Penyerahan Piagam dari MURI Tari Montro ( Foto : Pemkab Bantul )
Penyerahan Piagam dari MURI Tari Montro ( Foto : Pemkab Bantul )

BeritaYogya.com – Piagam dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) secara resmi diserahkan di Ruang Kerja Bupati Bantul pada hari Senin (2/10/2023).

Penyerahan piagam ini dilakukan oleh Bintang Amaranggana, Direktur Utama Medsosid Digital Network, yang didampingi oleh Sulistiono, pemimpin Redaksi Medsosid.com, sebagai pihak penyelenggara.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menerima piagam tersebut bersama Kwintarto Heru Prabowo, Kepala Dinas Pariwisata Bantul.

Penyerahan piagam ini merupakan pengakuan atas pencapaian Bantul dalam memecahkan rekor jumlah peserta tarian montro terbanyak yang terjadi pada bulan Agustus sebelumnya.

Tarian Montro ini awalnya dipertunjukkan dalam Bantul Creative City Festival 2023 yang diadakan pada tanggal Sabtu (26/8/2023) di Pantai Parangkusumo Kabupaten Bantul.

Flashmob Tari Montro ini melibatkan sekitar 10 ribu pelajar dari berbagai SMA, SMK, dan MA di Kabupaten Bantul.

Prestasi ini berhasil mencetak rekor baru dalam sejarah Tarian Montro di Indonesia, sehingga memperoleh penghargaan berupa Piagam dari MURI.

Tarian Sholawat Montro diakui sebagai bagian dari warisan budaya tak benda yang khas untuk Kabupaten Bantul.

Oleh karena itu, Bupati Bantul berharap agar Tarian Montro dapat dijaga dan dilestarikan, sesuai dengan status Bantul sebagai kabupaten yang kreatif.

Selain itu, diharapkan tarian ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Bantul.

Tindakan ini dianggap sebagai awal yang baik dalam pengembangan seni dan budaya di Bantul, dan diharapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bantul akan mampu menyelenggarakan acara serupa bahkan yang lebih besar di masa depan.

‚ÄúSemua acara berjalan dengan baik, dan semoga kita dapat melaksanakan kegiatan yang lebih besar di masa mendatang,” tutur Halim.

Direktur Utama Medsosid, Bintang Amaranggana, juga menyatakan harapannya bahwa Medsosid akan terlibat dalam mendukung kesuksesan acara-acara yang akan diselenggarakan oleh Bantul di masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here