Dana Keistimewaan Dukung Pengembangan Desa Maritim di Tirtohargo

16
Peluncuran Desa Maritim (Foto : Pemkab Bantul)

BeritaYogya.com – Kalurahan Tirtohargo menggelar peluncuran Desa Maritim di Balai Kalurahan Tirtohargo pada Selasa (5/12/2022). 

Acara ini diselenggarakan melalui Dana Keistimewaan dengan tujuan meningkatkan motivasi pelaku usaha di sektor perikanan dan pariwisata bahari.

Sugianto, Lurah Tirtohargo, menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran tamu undangan dalam acara peluncuran Desa Maritim.

“Pada tahun 2023, Kalurahan Tirtohargo mendapatkan dana sebesar 750 juta dari Dinas Perikanan dan Kelautan. Dana tersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk pelatihan pengolahan ikan lele dan ikan laut, sarana dan prasarana wisata opak, sarana dan prasarana wisata kano maritim, sarana ekowisata mangrove, serta peluncuran Desa Maritim,” tuturnya.

Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan apresiasinya terhadap komitmen dan konsistensi Kalurahan Tirtohargo dalam pengembangan wilayahnya.

“Kalurahan Tirtohargo menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap pengembangan. Wisata maritimnya, kegiatan pariwisatanya yang aktif, dan keuntungan Bumkal sebesar 13,5 juta menandai kesuksesan kalurahan ini,” ungkapnya.

Beliau menambahkan bahwa tujuan dari Dana Keistimewaan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta melalui peran kepala desa.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, juga memberikan tanggapannya terkait Dana Keistimewaan, berharap agar dana tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Pembangunan Desa Maritim bertujuan untuk mengembangkan suatu desa, dan penetapan Tirtohargo sebagai desa maritim dengan menggunakan dana keistimewaan diharapkan dapat memajukan kawasan ini serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Joko menegaskan bahwa desa maritim adalah desa yang berlokasi di wilayah pesisir atau daerah pantai yang langsung berbatasan dengan laut, sehingga memiliki potensi yang besar. 

Kunci keberhasilannya adalah melalui kerjasama yang baik antara pemerintah kalurahan dan seluruh lapisan masyarakat.

“Tirtohargo telah mengalami perkembangan signifikan dalam pengelolaan kawasan, memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar. Pemerintah Kabupaten Bantul mengapresiasi upaya Kalurahan Tirtohargo dalam membangun wilayahnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here