Digitalisasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Tengah Melalui Program LaporGub

6
LaporGub Jawa Tengah (Foto: LaporGub)

BeritaYogya.com – Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah meluncurkan Versi terbaru Aplikasi LaporGub. LaporGub merupakan layanan aduan warga berbasis digital yang telah ada seja 2013 lalu. Aplikasi LaporGub V.2.0 sudah dilengkapi dengan analisis kecerdasan buatan atau artificial Intelligence (AI). 

“Jangkauannya lebih gampang dan di belakang itu sebenarnya ada data yang terkumpul yang dianalisis dengan Artificial Intelligence. Maka sekarang kalau ada masyarakat melapor, terdata,” tutur Ganjar dalam keterangan tertulis, Senin (27/2/2023).

Tidak hanya dilengkapi dengan teknologi AI ganjar juga menyediakan layanan laporan anonim masyarakat. Dimana fitur tersebut memungkinkan identitas pelapor tidak dapat dilihat oleh publik dan privasi dari pelapor tidak akan diketahui. Ganjar menjelaskan terdapat banyak laporan dan aduan dari masyarakat yang masuk dalam aplikasi LaporGub setiap harinya.

Sejalan dengan hal tersebut kecepatan respons Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Daerah diuji. Setiap aduan yang masuk akan diklarifikasi terlebih dahulu dan akan segera ditindaklanjuti.

“Aduan masyarakat membantu. Jadi kalau masyarakat mengadu, saran saya diklarifikasi, tabayyun ya. Kedua, pemerintah nggak perlu sensi, karena aduannya itu tentu saja membantu kita, koreksinya bagus, terus kita respons,” kata Ganjar, seusai mengecek perbaikan jalan yang diperbaiki setelah ada pengaduan masyarakat melalui LaporGub di Kabupaten Grobogan, Kamis (15/6/2023).

Ganjar menambahkan terkait dengan respons serta tindak lanjut  dari pemerintah tidak dapat dilakukan seketika, pemerintah perlu memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa setiap hal yang dilakukan oleh pemerintah harus sesuai dengan aturan dan tahapan yang telah ditetapkan.

“Ini yang harus kita sampaikan, sehingga masyarakat teredukasi dengan baik, bagaimana proses perencanaan pembangunan itu,” Ganjar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here