Optimisme Dinas Pariwisata Semarang: Kota Lama Akan Terus Memikat Wisatawan

637
Wisata Kota Lama Semarang (Foto: iStock)

BeritaYogya.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Semarang di Jawa Tengah yakin bahwa kawasan Kota Lama tetap akan menjadi tujuan wisata populer di Jawa Tengah tahun ini meskipun menghadapi persaingan dengan destinasi lainnya. Wing Wiyarso, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Semarang, mengungkapkan optimisme mereka mengenai pertumbuhan kunjungan berkat berbagai acara besar yang dijadwalkan di Semarang. 

Selama libur Lebaran 2022, Kota Lama Semarang berhasil menjadi destinasi nomor satu yang dikunjungi wisatawan, bahkan melampaui popularitas Candi Borobudur. Namun, pada libur Lebaran tahun ini, kunjungan ke kawasan tersebut berada di peringkat kedua setelah Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Meskipun demikian, Wing yakin berbagai program yang telah direncanakan dapat menarik lebih banyak wisatawan ke kawasan tersebut.

Wing Wiyarso menyoroti bagaimana serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-476 Kota Semarang berhasil meningkatkan jumlah kunjungan, seperti halnya Semarang Night Carnival (SNC) 2023. Dalam acara SNC saja, tercatat sekitar 40 ribu pengunjung dalam semalam, belum termasuk acara lain seperti Semarak Parade Sarung.

Meskipun perayaan hari jadi kota telah berakhir, Wing menekankan bahwa Kota Semarang masih akan menjadi tuan rumah berbagai acara besar lainnya. Salah satunya adalah peringatan Hari Anak Nasional pada Juli, yang akan disertai berbagai acara pendukung, termasuk parade budaya. Dia juga menyebutkan adanya festival wayang orang pada Juli, yang akan menghadirkan kelompok-kelompok wayang orang dari seluruh Indonesia. Pada Agustus, Semarang akan menjadi tuan rumah untuk rapat kerja nasional Jaringan Kota Pusaka Indonesia, yang akan diadakan di kawasan Kota Lama.

Wing juga menyatakan bahwa telah ada kolaborasi dengan wilayah-wilayah di sekitarnya, seperti Kendal, Demak, Salatiga, Kabupaten Semarang, dan Grobogan. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan paket promosi pariwisata yang saling menguntungkan. Semua langkah ini diharapkan dapat memajukan pariwisata di Semarang dan sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here