Dispora Gunungkidul Gelar Event Pospekab Tahun 2023 dengan 6 Cabang Olahraga

40
Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Kabupaten Gunungkidul (Foto : Pemkab Gunungkidul)

BeritaYogya.com – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Gunungkidul telah menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Kabupaten Gunungkidul (Pospekab) Tahun 2023. 

Acara ini mempertandingkan enam cabang olahraga.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gunungkidul, Supriyanto, menyatakan bahwa Pospekab diikuti oleh 20 pondok pesantren dengan peserta sekitar 1000 santri. 

Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Enam cabang olahraga yang dipertandingkan dalam acara ini melibatkan bulutangkis, atletik, gobaksodor atau hadang tenis meja, pencak silat, dan bola voli,” tutur Supriyanto pada pembukaan yang berlangsung di Gedung Kesenian, Selasa (14/11/2023).

Supriyanto juga menyampaikan bahwa lokasi pelaksanaan Pospeda tersebar di beberapa tempat, seperti atletik yang digelar di Stadion Gelora Handayani, bola voli di SMK Maarif, bulu tangkis dan hadang di Gedung Kesenian, Pencak Silat di SMK Muh 1 Playen, dan Tenis Meja di Dinas Kebudayaan.

“Olahraga seni, terutama pencak silat, ditekankan dalam kegiatan ini. Kami berharap bahwa pada tahun mendatang, pesantren yang berpartisipasi dalam kegiatan ini akan semakin bertambah karena terdapat 46 pesantren di Gunungkidul,” ungkapnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, menyatakan bahwa Pospekab merupakan wujud dari kerjasama antar pesantren. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan muncul bibit-bibit unggul santri yang berprestasi dalam bidang olahraga dan seni.

“Berlomba dengan semangat, walau hingga titik darah penghabisan, namun tetap menjaga sportivitas,” tutur bupati dalam sambutannya.

Sunaryanta berharap bahwa ke depan, seluruh pondok pesantren dapat mengikuti kegiatan ini. Selain untuk memperkuat tali silaturahmi, acara ini dihadapkan untuk mampu melahirkan atlet berprestasi dari kalangan santri.

“Bukan hanya untuk meningkatkan prestasi umum, seni budaya, dan olahraga, tetapi juga untuk mencetak santri yang memiliki moral agama yang baik dan keterampilan teknologi yang mumpuni,” ujar bupati.

Acara pembukaan Pospekab dihadiri oleh Kejari, Kodim 0730, Kapolsek Wonosari, Sekretaris Daerah Gunungkidul, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Kominfo, serta perwakilan Pimpinan Pondok Pesantren dan tamu undangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here