Ditunjuk Sebagai Dewan Penasihat TPN, Yenny Wahid Siap Bergerak untuk Ganjar

9
Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid (Foto: Istimewa)

BeritaYogya.com – Yenny Wahid, seorang politikus dan aktivis Nahdlatul Ulama (NU), telah diangkat sebagai anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, dalam sebuah konferensi pers di Jakarta pada Jumat (27/10/2023). Yenny Wahid, putri dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), akan menduduki posisi sejajar dengan Puan Maharani di Dewan Penasihat TPN.

Arsjad Rasjid menyatakan, “Mbak Yenny akan menjadi bagian dari struktur Tim Pemenangan Nasional dan akan menjadi anggota Dewan Penasihat bersama dengan Mbak Puan.”

Menurut Arsjad, Yenny akan bersama-sama dengan Puan Maharani di Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud untuk memastikan kesatuan dan persatuan bangsa. Sebelumnya, Yenny telah menyatakan dukungannya untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dalam Pemilihan Presiden 2024.

Yenny menyatakan bahwa dia memiliki kedekatan yang kuat dengan Mahfud MD, dan ini menjadi alasan utama baginya untuk mendukung Ganjar-Mahfud. Dia menjelaskan, “Karena adanya kedekatan roso (rasa), yakni kedekatan hati, maka kami, Barisan Kader Gus Dur, dengan tegas menyatakan dukungan kami untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.”

Yenny juga telah melakukan perjalanan untuk mendengarkan aspirasi dari para pengikut ajaran Gus Dur. Menurutnya, secara umum, mereka menginginkan kelanjutan program pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Dengan kata kunci ‘keberlanjutan program’, maka dalam proses diskusi, kami sampai pada kesimpulan ini,” ungkap Yenny.

Meskipun mengakui bahwa tidak mudah bagi dirinya untuk membuat keputusan, Yenny yakin bahwa semua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden memiliki program kerja yang bertujuan untuk memajukan Indonesia. 

Namun, setelah Mahfud MD ditunjuk sebagai bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar, Yenny semakin mantap dengan pilihannya. Yenny menilai bahwa Mahfud adalah seorang kader ideologis yang mewarisi pesan Gus Dur untuk menjaga hukum di Indonesia.

“Konsistensi Mahfud MD dalam hal ini sudah terbukti. Mahfud juga merupakan sosok yang memperjuangkan pluralisme, sejalan dengan perjuangan Gus Dur selama ini,” kata Yenny Wahid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here