Dr R Stevanus: Pancasila Menjadi Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024

66
Dr. R. Stevanus Christian Handoko S.Kom., MM., anggota DPRD DIY

BeritaYogya.Com – Di era digital yang penuh dengan peluang dan tantangan, Dr. R. Stevanus Christian Handoko S.Kom., MM, anggota DPRD DIY, mengajak semua lapisan masyarakat khususnya generasi muda untuk menyambut era ini dengan nilai-nilai Pancasila sebagai kompas moral dan etika.

“Hari Lahir Pancasila bukan hanya peringatan sejarah, tetapi juga momentum untuk meneguhkan kembali komitmen bangsa terhadap Pancasila. Di era digital, peran anak muda sangat penting dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila. Dengan memahami dan mengamalkan Pancasila, anak muda dapat menjadi agen perubahan positif dan membangun Indonesia yang lebih maju, adil, dan Sejahtera”, ungkap Dr. R. Stevanus

“Pancasila adalah pemersatu bangsa. Nilai-nilainya yang luhur, seperti Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan Sosial, harus terus ditanamkan kepada seluruh masyarakat khususnya generasi muda agar mereka dapat menjadi pemimpin bangsa yang tangguh dan berkarakter,” ujar Dr. R. Stevanus politisi muda DIY.

Dr. R. Stevanus menambahkan bahwa era digital saat ini menghadirkan peluang dan rintangan bagi generasi penerus bangsa. Di satu sisi, era ini membuka akses informasi dan komunikasi yang luas. Namun, di sisi lain, era ini juga rawan terhadap penyebaran hoax, konten negatif dan ujaran kebencian.

“Di sinilah peran Pancasila menjadi sangat penting. Pancasila mengajarkan kita untuk saling menghormati, toleransi, gotong royong, bersolidaritas dan bermusyawarah dalam menyelesaikan perbedaan. Nilai-nilai ini sangatlah penting untuk menangkal radikalisme, permusuhan yang dapat memecah belah bangsa,” jelas Dr. R. Stevanus.

“Membumikan nilai-nilai Pancasila perlu terus dilakukan, Hal ini penting untuk membangun karakter dan jati diri bangsa di tengah gempuran budaya asing dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila”, ungkap Dr. R. Stevanus.

Sebagai salah satu inisiator, Dr. R. Stevanus menyampaikan bahwa terbitnya Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan menjadikan DIY satu-satunya yang memiliki Perda terkait dengan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Melalui Perda ini mewajibkan pendidikan Pancasila & Wawasan Kebangsaan di semua jenjang pendidikan di DIY. Menurutnya, Perda ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat pemahaman generasi muda tentang Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan Jogja Istimewa sebagai kearifan lokal.

“Perda ini merupakan bukti komitmen Pemda DIY untuk membangun generasi muda yang berkarakter Pancasila. Saya berharap Perda ini dapat terus diimplementasikan dengan baik dan efektif, sehingga generasi muda DIY dapat menjadi agen perubahan yang positif bagi bangsa dan negara,” kata Dr. R. Stevanus.

“Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi perlu dimanfaatkan juga untuk menebarkan nilai-nilai Pancasila secara lebih luas terutama bagi generasi muda di era digital, seperti konten digital yang kreatif di berbagai platform digital yang ada saat ini”, ungkap Dr. R. Stevanus

“Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-79 tahun ini membawa semangat baru menuju Indonesia Emas. Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”, pungkas Dr. R. Stevanus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here