Eco Enzym Nusantara Rayakan Ulang Tahun dengan Penuangan Eco Enzyme ke Sungai

14
Penuangan Eco Enzyme ke Sungai ( Foto : Pemkab Bantul )
Penuangan Eco Enzyme ke Sungai ( Foto : Pemkab Bantul )

BeritaYogya.com – Eco Enzym Nusantara adalah sebuah organisasi dengan tujuan mulia, yakni mewujudkan keindahan dan kelangsungan hidup Bumi serta menjaga keselamatan semua makhluk ciptaan-Nya. 

Komunitas ini telah terbentuk dan tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-empat dengan tema “JALAN SEHAT UNTUK IBU BUMI: Cintai Ibu Bumi, Selamatkan Banyak Nyawa,” relawan Eco Enzym Nusantara dari lima wilayah (Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo, Bantul, dan Kota Jogja) menggelar peringatan ulang tahun mereka di Pendopo Embung Potorono, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan pada hari Minggu, 17 September 2023.

Acara ini dimulai dengan kegiatan jalan sehat yang dilanjutkan dengan senam bersama. Seperti tahun-tahun sebelumnya, komunitas Eco Enzym Nusantara kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap ekosistem sungai dengan menuangkan eco enzyme ke Sungai Murwe yang berdekatan dengan Embung Potorono.

Sebagai bagian dari acara tersebut, juga ada pemutaran video singkat yang memperlihatkan perjalanan komunitas Eco Enzym Nusantara serta alasan di balik aktivitas para relawan Eco Enzyme Nusantara, yang bermula dari keprihatinan mereka terhadap perubahan iklim yang sedang terjadi.

Ketua Eco Enzym Nusantara DIY, dr. Lusia Anggraini, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak sebanyak mungkin anggota masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan mendalami kasih mereka terhadap Bumi dengan memperkenalkan eco enzyme dan manfaatnya.

“Eco Enzym Nusantara hampir setiap Minggu rutin melakukan kampanye kesadaran lingkungan, seperti yang terlihat di media sosial kami. Semua ini dipicu oleh semangat relawan yang mencintai Bumi kita,” ujar Lusia.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho, S.T., M.Sc, menyampaikan keprihatinannya terhadap situasi saat ini, di mana masalah sampah belum terselesaikan. Namun, dia mengajak semua pihak untuk mengelola sampah sejak dari sumbernya.

“Akhir-akhir ini kita sering melihat pemandangan yang memprihatinkan, yaitu sampah yang tersebar di mana-mana. Komunitas Eco Enzym Nusantara merupakan salah satu yang berperan dalam mengatasi masalah ini. Hal sekecil apapun yang kita lakukan dapat berkontribusi dalam mengatasi masalah sampah dari akarnya,” kata Ari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here