Jogja City Runner Sukses Gelar Acara Yogyakarta City Fun Run

21
Yogyakarta City Fun Run yang diselenggarakan oleh Jogja City Runner (Foto : Pemkot Jogja)

BeritaYogya.com – Sebanyak 55 peserta dari 11 komunitas lari turut serta dalam Yogyakarta City Fun Run yang diselenggarakan oleh Jogja City Runner pada Minggu (12/12/2023).

Acara dimulai pukul 06.00 WIB, dengan Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo, yang mengibarkan bendera atau flag off untuk melepas para pelari. 

Mereka akan melewati rute start dari Rumah Dinas Wali Kota Yogyakarta, melalui Jalan Kusumanegara, Jalan Prof. DR. Soepomo SH, Jalan Warungboto, Jalan Veteran, Jalan Kusumanegara, Taman Gajah Wong, Gang Kartika, Jalan Timoho, Gang Pusponyidro, Jalan Kenari, dan kembali finish di Rumah Dinas Wali Kota Yogyakarta.

Singgih Raharjo menyatakan bahwa pemilihan rute ini tidak hanya untuk kegiatan lari, tetapi juga untuk mengunjungi pemukiman warga sekitar Taman Gajah Wong. 

Para peserta juga menyapa warga yang tengah rutin membersihkan depan rumahnya.

Dengan demikian, para pelari tidak hanya berolahraga, melainkan juga melakukan wisata dengan menikmati keindahan kawasan sekitar Taman Gajah Wong. 

Hal ini menambah semangat berlari sambil menikmati pesona wisata.

“Kami memasukkan kampung-kampung wisata agar pengalaman berlari menjadi lebih berbeda. Harapannya, kegiatan ini bisa diadakan secara rutin setiap bulan, dan tema rutenya dapat terus menggugah minat di Kota Yogyakarta,” tutur Singgih.

Totok, salah satu panitia Jogja City Runner, mengungkapkan rasa terima kasih atas perhatian pemerintah terhadap komunitas-komunitas di Kota Yogyakarta. 

Dia berharap event semacam ini akan terus berlanjut, menjadi ajang bulanan yang dinikmati oleh para pelari di kota tersebut, serta bisa menginspirasi dan menarik perhatian pelari dari luar Kota Yogyakarta.

“Kami berterima kasih atas apresiasi dari pemerintah. Event ini pertama kali diadakan dengan mengajak para pelari menjelajahi tempat-tempat berbeda dengan potensi yang beragam. Semoga semakin banyak komunitas yang memanfaatkan potensi di Kota Yogyakarta, dan semakin banyak orang yang tertarik berlari di luar perkotaan,” ujar Totok.

Salah satu peserta dari komunitas Playon Jogja, Iis Kholifah, menyatakan bahwa ia akan mengikuti kegiatan serupa di masa depan. 

Baginya, pengalaman berlari hingga masuk ke kampung-kampung wisata sangat berkesan dan menarik. 

Terlebih lagi baginya, sebagai warga asli Kota Yogyakarta, ia belum banyak mengetahui tempat-tempat wisata seperti di Taman Gajah Wong.

“Menyelami kampung-kampung wisata sangat menarik dan seru, terutama saat berlari mengelilingi kota. Bahkan, dari event ini, saya mengetahui tempat wisata yang asik. Semoga ke depannya, kami dapat menjelajah lagi dan menemukan banyak tempat yang belum kami eksplor,” tutur Iis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here