Kemenangan Telak 9-0 Atas Taiwan, Indonesia U-23 Melaju ke Piala Asia 2024

3
Timnas U23 Indonesia (Foto: Tribun)

BeritaYogya.com – Sejarah baru hampir mencatatkan dirinya oleh Shin Tae-yong (STY). Keberhasilannya sebelumnya dalam membawa timnas senior dan U-20 ke putaran final Piala Asia, kini membuka peluang bagi pelatih asal Korea Selatan itu untuk membawa timnas U-23 ke putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Peluang tersebut terbuka setelah Indonesia U-23 menang telak 9-0 atas Taiwan di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu (9/9/2023) malam. Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinan (2′, 58′), Ramadhan Sananta (6′), Rafael Struick (19′), Witan Sulaeman (30′), Ilham Rio Fahmi (41′), Elkan Baggott (56′), Hokky Charaka (78′), dan Pratama Arhan (85′). Kemenangan ini juga menggeser Turkmenistan dari puncak klasemen grup K.

Hasil tersebut sangat memuaskan bagi STY. “Skor hari ini menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia telah berkembang lebih baik dari sebelumnya,” ungkap pelatih timnas Korea Selatan yang pernah menangani timnas pada Piala Dunia 2018 Rusia tersebut setelah pertandingan.

Marselino Ferdinan, gelandang timnas Indonesia, merasa sangat bahagia. Baginya, pertandingan tersebut adalah hadiah ulang tahunnya yang ke-19. “Puji Tuhan, saya sangat bangga dan bersyukur. Terima kasih kepada rekan-rekan yang memberikan ucapan selamat ulang tahun. Semoga saya terus berkembang,” ucapnya.

Di sisi lain, Tseng Tai-lin, pelatih Taiwan, mengakui bahwa Indonesia jauh lebih unggul dari timnya. Bahkan, dia meyakini bahwa Indonesia memiliki peluang besar untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23. “Kami melakukan banyak kesalahan pada babak pertama. Namun, Indonesia memang layak memenangkan pertandingan,” komentarnya.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh Rizki Ridho dan timnya. Baginya, ini merupakan penghargaan untuk sepak bola Indonesia, terutama pada Hari Olahraga Nasional (Haornas). “Olahraga kita, khususnya sepak bola, terus berupaya memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Setelah sebelumnya meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja, hari ini pada hari bersejarah, kita berhasil meraih kemenangan besar,” ucap Erick Thohir.

Erick berharap bahwa hasil positif ini akan menjadi momentum untuk meraih hasil terbaik di masa depan. “Semoga hasil di hari bersejarah ini terus memotivasi kita untuk meraih hasil yang lebih baik di masa mendatang.”

Tim U-23 akan menghadapi laga penentuan di Grup K melawan Turkmenistan pada Selasa (12/9) di lokasi yang sama. Kemenangan atau setidaknya hasil imbang akan menguntungkan Indonesia dalam selisih gol dan membuka jalan menuju Qatar tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here