Kemeriahan TIY42K Marathon di Tengah Kota Yogyakarta

3
Ribuan Peserta TIY42K Marathon ( Foto : Pemkot Jogja )
Ribuan Peserta TIY42K Marathon ( Foto : Pemkot Jogja )

BeritaYogya.com – Ratusan pelari dari berbagai daerah di Indonesia maupun dari luar negeri telah berkumpul di depan gerbang sisi barat Kantor Kepatihan sejak pagi pukul 4.00 WIB dengan penuh semangat untuk mengikuti The International Yogyakarta (TIY42K) Marathon pada Minggu (8/10/2023).

TIY42K adalah acara lari pertama di Yogyakarta yang mengambil jalur di pusat kota, terbagi menjadi tiga kategori: 42K, 21K, dan 10K. 

Acara ini juga merupakan salah satu bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-267 Kota Yogyakarta.

Para pelari dalam kategori 21K diberangkatkan oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, yang juga mengucapkan terima kasih atas pemilihan Kota Yogyakarta sebagai tuan rumah untuk acara lari ini.

“TIY42K adalah acara lari pertama di Yogyakarta yang mengambil jalur di pusat kota. Ini tentunya menarik bagi pelari dari seluruh Indonesia dan luar negeri,” kata Singgih Raharjo.

Rute lari dalam acara ini merepresentasikan filosofi sumbu imajiner kota Yogyakarta. 

Peserta akan melewati berbagai landmark yang berkaitan degan filosofi tersebut, seperti Titik Nol Yogyakarta, Tugu Yogyakarta, Alun-alun Utara, dan Area Keraton. 

Selain itu, peserta juga akan merasakan keramahtamahan penduduk setempat dan berbagai titik kuliner khas Yogyakarta.

Setelah memberikan tanda awal pelari, Singgih Raharjo dengan semangat ikut berlari dalam kategori 10K bersama ribuan peserta lainnya.

“Ini akan menjadi pengalaman menarik bagi para pelari dan juga bisa menjadi sarana promosi untuk Kota Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia,” tambahnya.

Dia juga menekankan bahwa kolaborasi antara olahraga dan wisata akan memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi Kota Yogyakarta. 

Hal ini juga akan membantu memperkenalkan warisan sejarah, budaya, dan kuliner khas Kota Yogyakarta kepada masyarakat luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here