Lima Beasiswa Yang Ada di Kampus Daerah Istimewa Yogyakarta

26
Illustrasi Pendidikan

BeritaYogya.com – Daerah Istimewa Yogyakarta, yang juga dikenal sebagai “Kota Jogja”, merujuk kepada suatu wilayah yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. 

Kota ini memperoleh reputasi sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan, terkait dengan penawaran pendidikan yang berkualitas. 

Terdapat sejumlah lembaga perguruan tinggi ternama yang menjulangkan prestasi kota ini, menghadirkan fasilitas yang komprehensif dan terjamin, dengan akreditasi yang terhormat. Terutama, Universitas Gadjah Mada (UGM) terpandang sebagai entitas pendidikan yang mampu mengukir peringkat ke-263 dalam rangking yang disajikan oleh situs QS Top Universities, yang mengumpulkan data peringkat universitas internasional. 

Bagaimanapun, perlu disoroti bahwa UGM mengakui keunggulan Universitas Indonesia yang menduduki peringkat ke-237 dalam tingkatan global, menjadikannya peringkat kedua di Indonesia.

Dengan semakin membaiknya prestise universitas bergengsi ini, tentu dibutuhkan kontribusi keuangan yang signifikan. Alhasil, tak jarang calon mahasiswa berupaya memperoleh beasiswa, dengan tujuan membantu mewujudkan impian pendidikan mereka dan sekaligus meringankan beban ekonomi keluarga.

Berikut merupakan lima beasiswa yang dapat kamu pertimbangkan di kampus-kampus kota Yogyakarta.

  1. Beasiswa Bidikmisi (Bidikmisi – Beranda (ristekdikti.go.id)

Bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setara yang menunjukkan potensi akademik yang istimewa namun terbatas oleh kendala finansial, Pemerintah Indonesia menyediakan program Bidikmisi. 

Berbeda dengan beasiswa yang terutama fokus pada pemberian dana atau penghargaan kepada individu berprestasi, seperti yang diuraikan dalam informasi resmi yang disajikan di situs web mereka. Lebih lanjut, persyaratan Bidikmisi dirancang untuk memastikan bahwa penerima manfaat Bidikmisi adalah individu yang sungguh-sungguh memiliki potensi serta tekad untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai panduan pendaftaran dapat mengunjungi situs web resmi Bidikmisi.

  1. Beasiswa LPDP (Beasiswa LPDP – Site (kemenkeu.go.id)

Program Beasiswa LPDP (Lembaga Pengolahan Dana Pendidikan) diinisiasi khusus bagi mereka yang bercita-cita melanjutkan studi pascasarjana atau doktoral. 

Fokus utama LPDP adalah memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Indonesia. Sejalan dengan tujuan tersebut, para penerima beasiswa, terutama yang mendapatkan dukungan pendidikan di luar negeri, diharapkan untuk kembali berkontribusi di dalam negeri.

 Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui portal resmi LPDP. Periode pendaftaran dibagi dalam dua tahap: tahap pertama berlangsung mulai dari 25 Januari hingga 25 Februari 2023, sementara tahap kedua dilaksanakan dari 9 Juni hingga 9 Juli 2023. Setelahnya, proses seleksi akan mencakup tahapan administratif, penilaian bakat skolastik, dan substansi. Tiga jenis program yang ditawarkan, yaitu program umum, program target, dan program afirmasi, akan dibuka pada tahun ini. 

Untuk rincian persyaratan serta panduan lengkap mengenai proses pendaftaran, diharapkan pembaca dapat mengakses situs resmi LPDP.

  1. Beasiswa Bank Indonesia

Visi Program Beasiswa Bank Indonesia adalah menjadi inisiatif beasiswa yang berperan dalam mendukung perkembangan potensi intelektual dan berkontribusi secara positif dalam transformasi berkelanjutan masyarakat Indonesia. 

Peserta penerima beasiswa Bank Indonesia akan diterima dalam jajaran organisasi Generasi Baru Indonesia (GenBI), yang terdiri dari mahasiswa berbakat dengan latar belakang yang beragam. 

Manfaat yang diberikan oleh beasiswa ini tidak hanya mencakup biaya pendidikan, melainkan juga dukungan finansial dalam bentuk uang saku. Program ini diarahkan untuk mahasiswa tingkat Sarjana (S1) dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia. 

Beasiswa Bank Indonesia mempunyai dua kategori, yaitu reguler dan berprestasi, yang memberikan peluang lebih luas bagi calon penerima untuk mengembangkan potensi mereka.

  1. Beasiswa Djarum Plus (Djarum Beasiswa Plus)

Selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, para penerima Djarum Beasiswa Plus, yang dikenal sebagai Beswan Djarum, juga diberikan berbagai pelatihan dalam bidang keterampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka sebagai calon pemimpin masa depan bangsa. 

Pelatihan ini meliputi aspek pembangunan nasional, pengembangan kepribadian, strategi menghadapi tantangan persaingan, dan keterlibatan dalam skenario internasional. Lebih dari itu, para Beswan Djarum juga diberikan peluang untuk menerapkan keterampilan lunak yang telah mereka peroleh melalui keterlibatan langsung dalam menangani permasalahan sosial di lingkungan tempat tinggal mereka melalui program penguatan komunitas.

  1. Beasiswa Tanoto Foundation (TELADAN 2023 – Tanoto Foundation)

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Tanoto Foundation adalah melalui Program TELADAN, singkatan dari Transformasi Edukasi untuk Membentuk Pemimpin Masa Depan. 

Program ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang berkualitas serta pemimpin masa depan yang tangguh, yang akan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Indonesia. 

Kesempatan untuk mengikuti Program TELADAN diberikan kepada mahasiswa semester pertama dari sembilan perguruan tinggi mitra, yang telah menunjukkan potensi kepemimpinan dan pencapaian luar biasa dalam berbagai bidang. 

Program ini memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi para penerima beasiswa, termasuk dukungan dalam pengembangan keterampilan kepemimpinan, akses ke jaringan pengembangan TELADAN yang luas, bantuan keuangan untuk biaya pendidikan dan penunjang kehidupan, serta konektivitas dengan jaringan alumni yang tersebar di seluruh dunia.

Dari lima beasiswa yang ditawarkan di kampus-kampus Yogyakarta ini, penulis menyarankan untuk dapat menghuburngi masing-masing perguruan tinggi secara langsung atau mengunjungi situs web resmi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here