Marak Kasus Kebakaran di Bantul Dampak Lonjakan Sampah

5
Pembakaran sampah di Bantul (Foto: Alfons AMG)

BeritaYogya.com – Selama tahun 2023, terjadi peningkatan signifikan kasus kebakaran di Kabupaten Bantul. Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, terdapat 134 insiden kebakaran yang telah ditangani dari bulan Januari hingga pertengahan Agustus.

Irawan Kurnianto, yang mengepalai bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di BPBD Bantul, menyebutkan bahwa kenaikan kasus kebakaran terutama terjadi selama musim kemarau, dengan 94 kasus sejak bulan Juni.

“Dari 94 kejadian tersebut, 44 di antaranya disebabkan oleh pembakaran sampah,” ujarnya, Selasa (15/08/2023). 

Kebakaran terbaru yang disebabkan oleh aktivitas pembakaran sampah terjadi di Dusun Bengen, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan minggu lalu. Kejadian bermula saat seorang warga membakar sampah, dan api kemudian menjalar ke tumpukan limbah kayu dan bambu.

“Syukurlah api tidak menyebar lebih luas dan tidak menimbulkan korban jiwa,” ujar Irawan.

Ia pun mengajak masyarakat untuk lebih berhati-hati saat membakar sampah, terutama selama musim kemarau dimana kondisi kering dapat mempercepat penyebaran api.

“Ikuti tindakan pencegahan saat membakar sampah. Pastikan api sudah benar-benar padam sebelum meninggalkannya. Jangan membakar lahan dengan cara menyalakan api pada pohon, kayu, atau rumput yang sudah kering,” pesannya.

“Jika mengalami keadaan darurat terkait kebakaran atau situasi berbahaya lainnya, hubungi call center di nomor 112 (tanpa biaya) atau via telepon/WA di 02746462100,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here