Mau Liburan Ke Solo? Ini 10 Wisata di Solo Dekat Stasiun Solo Balapan

210
Stasiun Solo Balapan, Surakarta (Foto: KAI)

BeritaYogya.com – Surakarta, yang biasa dikenal sebagai Solo, adalah kota yang kaya akan budaya di Jawa Tengah. Selain kekayaan budayanya, Solo juga menawarkan berbagai destinasi wisata untuk para pengunjung. Bagi yang ingin berkunjung, salah satu akses transportasi yang bisa digunakan adalah kereta api.

Stasiun Solo Balapan, terletak di Jalan Wolter Monginsidi No. 112, Kestalan, Kecamatan Banjarsari, adalah salah satu stasiun utama di kota tersebut. Beberapa atraksi wisata juga berada di sekitar Stasiun Balapan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Berikut merupakan tempat wisata yang dapat dikunjungi di dekat Stasiun Solo Balapan.

  1. Keraton Surakarta Hadiningrat, memiliki museum yang di dalamnya menyimpan berbagai ragam koleksi peninggalan keraton, misalnya pernak-pernik yang digunakan oleh keluarga raja, hadiah dari para raja eropa, alat musik gamelan, replica pusaka keraton dan sebagainya. Lokasinya terletak di Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta yang berjarak sekitar 3,3 km dari Stasiun Solo Balapan.
  2. Pasar Klewer, di tempat ini para wisatawan bisa menemukan berbagai pernak Pernik khas Solo untuk oleh-oleh dan cinderamata. Terletak di pasar tradisional Kota Solo, Jalan DR Radjiman No 5A, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, atau sekitar 350 meter dari Stasiun Balapan.
  3. Alun-Alun Kidul, terletak di area Keraton Surakarta Hadiningrat. Di sana, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mengeksplorasi makanan khas, mempelajari sejarah, menaiki andong untuk melihat-lihat sekitar kompleks keraton, atau hanya bersantai. Alun-alun Kidul terletak di Jalan Gading, Gajahan, Pasar Kliwon, yang hanya berjarak sekitar 4,4 kilometer dari Stasiun Balapan dengan perjalanan sekitar 14 menit.
  4. Pura Mangkunegaran, Pura Mangkunegaran memiliki tiga area utama. Area pertama dikenal sebagai pamedan, sebuah lapangan persegi panjang yang memanjang dari arah barat ke timur. Di area kedua, Anda akan menemukan pendopo ageng dengan desain arsitektur yang merupakan kombinasi dari gaya Jawa dan Eropa. Sementara di halaman ketiga, ada peringatan, dalem agung, dan kediaman keluarga Mangkunegaran. Dalem agung saat ini difungsikan sebagai museum yang menampilkan berbagai artefak, seperti karya seni, perhiasan, senjata, pakaian, dan potret para pemimpin Mangkunegaran. Pura ini terletak di Jalan Ronggowarsito, Banjarsari, Surakarta, hanya berjarak kira-kira dua kilometer dari Stasiun Balapan dengan perjalanan yang memakan waktu sekitar tujuh menit.
  5. Kampung Batik Laweyan, wisatawan dapat belajar membuat batik di tempat ini. Selain belajar menggambar dan membatik, mereka juga dapat berbelanja aneka macam batik yang telah jadi. Jarak Kampung Batik Laweyan sekitar 4,2 kilometer dari Stasiun Balapan.
  6. Taman Sriwedari, telah mengalami beberapa renovasi dan transformasi fungsi. Di dalamnya, terdapat berbagai atraksi seperti Museum Radya Pustaka, gedung pertunjukan wayang orang, taman satwa kecil, dan gedung pertunjukan wayang kulit. Dahulu dikenal dengan nama Taman Raja, Taman Sriwedari terletak di Jalan Slamet Riyadi, Nomor 275, Kecamatan Laweyan, Surakarta. Lokasinya berjarak sekitar 2,2-kilometer dari Stasiun Balapan, dengan waktu tempuh sekitar 11 menit.
  7. Taman Balekambang, di pusat taman dan kolam, pengunjung akan disambut dengan dua patung yang menggambarkan Gusti Raden Ayu Partinah dan Gusti Raden Ayu Partini. Meskipun awalnya Taman Balekambang hanya dapat diakses oleh keluarga kerajaan, mulai tahun 1944 saat Mangkunegara VIII menjadi pemimpin, taman tersebut dibuka untuk masyarakat luas. Taman Balekambang terletak di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. Dari Stasiun Balapan, taman ini berjarak kira-kira 2,3-kilometer dan memerlukan waktu sekitar delapan menit untuk tiba di sana.
  8. Benteng Vastenburg, merupakan sebuah situs cagar budaya yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Letaknya di Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, berjarak sekitar 2,5-kilometer atau dengan jarak tempuh Sembilan menit dari stasiun.
  9. Bendungan Taman Tirtonadi, di sekitar bendungan, tepian sungai telah diperindah dengan jalur pejalan kaki dan taman. Bendungan ini juga memiliki dermaga, yang di masa depan diharapkan dapat mendukung aktivitas wisata air. Lokasi bendungan ini berjarak kira-kira 2,4-kilometer dari Stasiun Balapan, dengan perjalanan yang memakan waktu sekitar tujuh menit.
  10. Museum Batik Danar Hadi, pengunjung memiliki kesempatan untuk menyaksikan proses pembuatan batik dan berpartisipasi dalam pelatihan pembuatan batik secara langsung. Museum Batik Danar Hadi terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 261, Surakarta, yang berada di area kompleks Dalem Wuryaningratan. Lokasinya berjarak sekitar 2,4 kilometer dari Stasiun Balapan dan membutuhkan waktu sekitar delapan menit untuk sampai ke sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here