Mengangkat Potensi Lokal, UAD Gelar Festival Pangan di Kalurahan Serut Gunungkidul

2
Festival Hasil Bumi di Kalurahan Serut Gunungkidul (Foto : Pemkab Gunungkidul)

BeritaYogya.com – Dalam upaya mewujudkan Swasembada Pangan dan mencapai Kalurahan Serut Sejahtera, PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisika Universitas Ahmad Dahlan mengadakan Festival Hasil Bumi Kalurahan Serut pada Minggu (12/11/2023). 

Acara ini merupakan bagian dari program berkelanjutan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk meningkatkan komoditi lokal dan mandiri desa, khususnya di Gunungkidul.

Rektor UAD, Prof. Dr. Muchlas, M.T., menyatakan bahwa ini merupakan langkah lanjutan dalam meningkatkan ketahanan pangan, terutama di Gunungkidul. 

“Kami ingin mendampingi masyarakat dalam mengelola bahan baku, dan Kalurahan Serut memiliki potensi buah pisang yang sangat baik. Kami dapat membimbing mereka dalam menghasilkan produk inovatif,” tutur Muchlas.

Ia juga menambahkan bahwa UAD bersedia membantu dalam pengembangan smart farm di Kalurahan Serut dan berharap dapat mengembangkan wilayah tersebut menjadi tempat riset dan penelitian di masa mendatang.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, menyampaikan harapannya agar kualitas sumber daya manusia di Gunungkidul terus meningkat menghadapi perkembangan teknologi dan sains di masa depan.

“Generasi penerus akan menghadapi perkembangan teknologi dan sains, oleh karena itu, transformasi menjadi hal yang sangat penting,” ungkapnya.

Sebanyak tujuh padukuhan dari Kalurahan Serut turut serta dalam Festival ini dengan harapan dapat memberikan dorongan positif pada ekonomi daerah. 

“Kami berharap festival ini dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” tutur Sugianta, Lurah Serut.

Festival ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Rismiyadi, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Tenaga Kerja, Supartono, serta perangkat desa setempat. 

Festival tersebut terbuka untuk umum dan dimeriahkan dengan lomba mewarnai serta pentas seni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here