Menikmati Keindahan Taman Nasional Baluran Jawa Timur: Tarif Masuk, Fasilitas, dan Kegiatan yang Ditawarkan

29
Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur (Foto: Tangkapan Layar Toyota ID)

BeritaYogya.com – Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur merupakan salah satu kawasan pelestarian alam yang dikelola dengan sistem zonasi. Kawasan ini dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Di dalam Taman Nasional Baluran terdapat banyak lokasi objek dan daya tarik wisata (ODTWA), seperti pura, bangunan bersejarah, atraksi satwa liar, pantai-pantai unik dengan ombak yang cocok untuk olahraga surfing, tempat peneluran penyu, terumbu karang, dan laguna yang dihuni oleh burung migran pada musim tertentu.

Fasilitas yang memadai, seperti penginapan dan kantin, juga disediakan di dalam kawasan ini. Di luar kawasan, terdapat berbagai pilihan akomodasi seperti resort, restoran, hotel, dan homestay.

Sejak tahun 2014, harga tiket masuk Taman Nasional Baluran Situbondo telah ditetapkan sebagai berikut:

  1. Hari Kerja (Senin s/d Sabtu)
  • Wisatawan Mancanegara (WNA) Rp. 150.000,-/orang/hari
  • Wisatawan Nusantara (WNI) Rp. 5.000,-/orang/hari
  • Karcis masuk rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang)
  • Wisatawan Mancanegara (WNA) Rp. 100.000,-/orang/hari
  • Wisatawan Nusantara (WNI) Rp. 3.000,-/orang/hari
  1. Hari Libur (Minggu dan Hari Libur Nasional)
  • Karcis Masuk Pengunjung Umum
  • Wisatawan Mancanegara (WNA) Rp. 225.000,-/orang/hari
  • Wisatawan Nusantara (WNI) Rp. 7.500,-/orang/hari
  • Karcis masuk rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang)
  • Wisatawan Mancanegara (WNA) Rp. 150.000,-/orang/hari
  • Wisatawan Nusantara (WNI) Rp. 4.500,-/orang/hari

Selain itu, Taman Nasional Baluran juga menyediakan berbagai jenis kegiatan rekreasi alam bebas, seperti pengamatan hidupan liar. Tarif untuk kegiatan ini adalah Rp. 10.000,-/orang/paket/kegiatan. Bagi rombongan pelajar/mahasiswa dengan jumlah minimal 10 orang, tarifnya adalah Rp. 5.000,-/orang/paket/kegiatan.

Kawasan ini juga membuka peluang untuk kegiatan penelitian. Peneliti mancanegara/mahasiswa perguruan tinggi mancanegara dapat mengakses kawasan ini dengan membayar tarif mulai dari Rp. 5.000.000,-/orang untuk 1 bulan hingga Rp. 15.000.000,-/orang untuk 7 bulan – 12 bulan. Sementara itu, peneliti nusantara dikenakan tarif mulai dari Rp. 100.000,-/orang untuk 1 bulan hingga Rp. 250.000,-/orang untuk 7 bulan – 12 bulan. Mahasiswa/pelajar Indonesia dapat mengakses kawasan ini secara gratis

Taman Nasional Baluran juga memberikan kemudahan bagi masyarakat lokal atau pemegang izin usaha penyediaan jasa wisata alam yang ingin melakukan kegiatan sosial, seperti penanaman pohon, pengamanan hutan bersama masyarakat, pengendalian kebakaran hutan bersama masyarakat, evakuasi korban, dan kegiatan sehari-hari. Untuk kegiatan religi masyarakat lokal, tarifnya juga adalah Rp. 0,- (NOL Rupiah).

Bagi yang ingin mengambil foto atau video komersial di kawasan ini, dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000.000,-/paket untuk video komersial, Rp. 1.000.000,-/paket untuk handycam, dan Rp. 250.000,-/paket untuk foto.

Pengambilan sampel penelitian (mati/bagian-bagian) tumbuhan dan satwa liar juga dikenai iuran izin dengan tarif mulai dari Rp. 50.000,-/izin untuk warga negara Indonesia (WNI)/mahasiswa Indonesia hingga Rp. 500.000,-/izin untuk warga negara asing (WNA)/mahasiswa mancanegara.

Tidak hanya itu, pungutan administrasi pemanfaatan tumbuhan dan satwa liar juga diberlakukan dengan tarif Rp. 35.000,-/SATS untuk surat angkut tumbuhan dan satwa dalam negeri (SATS-DN).

Dengan berbagai fasilitas dan tarif yang telah ditetapkan, Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur siap menyambut wisatawan, peneliti, dan masyarakat yang ingin menikmati keindahan alam dan kekayaan flora dan fauna yang ada di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here