Panduan Singkat Liburan ala Backpacker ke Jogja

6
Salah Satu Sudut Taman Sari Yogyakarta (doc.pribadi)

BERITAYOGYA.COM – Berlibur bisa menjadi agenda rutin yang wajib dilakukan setidaknya satu tahun sekali. Dengan berlibur ke suatu tempat kita bisa menikmati suasana baru, menghilangkan penat akibat rutinitas pekerjaan.

Namun, beberapa orang menganggap jika kegiatan liburan bisa menguras tabungan karena memerlukan biaya banyak. Sehingga bagi sebagian orang akan memikirkan ulang rencana liburannya. Padahal, dengan perencanaan yang sesuai kita bisa berlibur dengan biaya yang tidak banyak dengan cara ala backpacker.

Jogja termasuk salah satu destinasi liburan yang populer di Indonesia. Pesona alam, budaya, dan keramahan masyarakatnya membuat para wisatawan selalu rindu untuk kembali ke Jogja. Tak terkecuali para backpacker yang selalu menjadikan Jogja sebagai destinasi favorit untuk berlibur.

Berbagai pilihan penginapan murah, wisata kuliner ramah kantong, serta banyaknya wisata gratis menjadi daya tarik tersendiri bagi parabackpacker. Hal tersebut dapat menekan bujet liburan yang tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi parabackpacker

Berikut rangkuman beberapa tips liburan ala backpacker ke Jogja yang tetap asik walau dengan budget minimalis :

Memilih transportasi

Tranportasi tentu menjadi salah satu alokasi dana yang cukup besar saat liburan. Karena itu, memilih transportasi yang tepat bisa memengaruhi perjalanan liburan backpacker kamu. Selain transportasi menuju Jogja, kamu juga perlu memikirkan transportasi selama berkeliling Kota Gudeg ini.

  • Gunakan kereta api ekonomi

Kereta api bisa menjadi pilihan tepat menuju Jogja. Selain memiliki rentang waktu perjalanan yang terukur, akomodasi kereta api sudah cukup nyaman untuk digunakan. Tak lupa, harga tiket kereta pun cukup terjangkau bagi siapa saja. Dengan begitu, bujet transportasi akan semakin terkendali. Tentunya hal ini hanya bisa dilakukan bagi backpacker yang ada di  Pulau Jawa.

  • Gunakan Trans Jogja atau berjalan kaki

Setibanya kereta di Jogja, kamu pasti membutuhkan transportasi menuju penginapan maupun lokasi wisata. Untuk menghemat pengeluargan, Trans Jogja bisa menjadi pilihan tepat. Selain murah, Trans Jogja juga mudah untuk diakses dari berbagai lokasi. Setidaknya, kamu membutuhkan uang sekitar Rp3.600 untuk menggunakan transportasi ini.

Ada pula alternatif lain yang bisa kamu lakukan demi menghemat biaya transportasi, yaitu berjalan kaki. Cara ini dianggap efektif karena Jogja merupakan kota yang ramah turis. Berbagai trotoar serta penyeberangan bisa dengan aman kamu lalui di Yogyakarta

  • Sewa sepeda motor untuk berkeliling Jogja

Harga motor yang disewakan bervariatif, bergantung pada tipe motor dan lama waktu peminjaman. Agar perjalanan aman dan lancar, pilihlah tipe motor yang sesuai dengan kondisi jalan wisata tujuan kamu dan tentu sesuaikan dengan ukuran tubuh kalian.

menjelajahi Jogja dengan lebih leluasa, kamu bisa menyewa sepeda motor selama beberapa hari. Selain lebih fleksibel, penggunaan sepeda motor akan membantu kamu menjangkau objek wisata yang tidak dilalui angkutan umum. Kamu pun bebas berhenti di mana kamu suka saat menemukan objek menarik.

  • Bermalam di penginapan murah

Harga masing-masing penginapan berbeda, tergantung pada fasilitas yang disediakan. Namun umumnya, harga yang ditawarkan berkisar pada Rp100.000–Rp200.000. Menariknya, penginapan di sini juga bisa diisi oleh rombongan. Dengan begitu, harga sewa kamar pun bisa semakin murah.

Ada banyak pilihan penginapan murah yang bisa kamu temui, salah satunya di Jalan Sosrowijayan, kawasan Malioboro. Mulai dari hotel,guesthouse,homestay,hingga apartemen murah di jogja bisa kamu temukan di sini.

  • Kunjungi tempat wisata murah

Kesan bahwa backpacker harus mampu menekan anggaran liburan memang melekat di pandangan banyak orang. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati keindahan Jogja secara maksimal. Di Jogja banyak lokasi wisata yang ramah dengan kantung para backpacker lo. Wisata Kalibiru, Taman Sari, Kaliurang, deretan pantai di Gunungkidul

  • Berburu kuliner murah

Hal yang tak kalah penting saat berlibur adalah wisata kuliner.

Dan Jogja merupakan Surganya Wisata Kulineran. Jogja punya sederet pilihan kuliner lezat yang wajib kamu coba. Mulai dari masakan tradisional hingga modern bisa dengan mudah kamu temukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here