Pelatihan Digital Marketing Penting Bagi Pelaku UMKM

63
Pelatihan Digital Marketing Dinas Kominfo bersama Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM

BeritaYogya.Com – Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menyelenggarakan Pelatihan UKM Berbasis Digital, yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Purbayan, Kemantren Kotagede, Yogyakarta.

Lurah Purbayan, Kudup Nawangsasi, Sp. menyampaikan kepada para peserta melalui pelatihan UKM Berbasis Digital ini semoga dapat bermanfaat bagi pelaku usaha, terutama bagi masyarakat Purbayan.

Selaku perwakilan dari Dinas Komunikasi DIY, Wiwiek Lestariningrum, S.T. mengucapkan terimakasih kepada kelurahan yang membantu memfasilitasi, narasumber yang akan sharing tentang pemanfaatan teknologi digital bagi pelakuk usaha UMKM dan menyampaikan kepada peserta yang hadir agar dapat menyimak dan bertanya terkait pemanfaatan teknologi digital bagi UMKM dan berharap pelatihan ini berguna untuk kemajuan UKM Purbayan.

Dr. R. Stevanus Christian Handoko, S. Kom., M.M. selaku anggota Komisi D DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia menyampaikan kepada peserta mengenai kondisi digital landscape di Indonesia yang sudah berkembang sangat pesat. Sehingga tidak ada pilihan selain beradaptasi, memanfaatkan dan berinovasi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

“DIY merupakan wilayah yang memiliki tingkat literasi digital terbaik di Indonesia, kondisi ekosistem demikian sangat potensial untuk meningkatkan kemampuan SDM pelaku UMKM dalam adaptasi dan memanfaatkan TIK dan berinovasi”, ujar Dr. R. Stevanus.

Dalam kesempatan pelatihan bagi pelaku UMKM di Purbayan Kota Gede, Dr. R. Stevanus menjelaskan tentang pentingnya transformasi digital, manfaat dari digital marketing, juga menyampaikan tentang peningkatan pemahaman tentang digital marketing, strategi pemasaran secara online, dan tips yang dapat diterapkan bagi pelaku usaha UMKM.

“Konten marketing menjadi hal yang penting tidak hanya mendeskripsikan produk dan layanan yang kita tawarkan, tapi mampu juga memberi cerita yang bernilai kepada calon pelanggan atau pelanggan”, ungkap Dr. R. Stevanus.

“Sudah saatnya bagi pelaku UMKM juga memanfaatkan social media, website, ataupun e-commerce platform untuk meningkatkan awareness hingga meningkatkan penjualan produk dan services yang ditawarkan”, ujar Dr. R. Stevanus.

Kemudian pemaparan kedua disampaikan oleh Aprilia Ariesta selaku influencer, yang membahas tentang cara membuat sosial media, cara membuat konten untuk mengisi sosial media usaha tersebut, serta bagaimana cara mengemas sebuah konten agar menarik perhatian konsumen. Konten ini tujuannya untuk memberi tahu kepada konsumen mengenai produk apa saja yang dijual oleh pelaku usaha dan memberikan tips jenis konten apa saja yang dapat menarik perhatian konsumen.

“Pelaku UMKM harus berani untuk memulai dan harus percaya diri terhadap produk dan layanan yang ditawarkan”, ujar Aprilia.

Pemaparan terakhir disampaikan oleh Didik Arwinsyah, SEO selaku Internet Marketer. Didik menyampaikan 3 tips sukses berjualan online Menyiapkan Produk, memahami Kebutuhan Pasar, strategi marketing

Dalam materinya Didik Arwinsyah juga mengingatkan agar para pelaku usaha mengetahui hal terpenting dalam melakukan penjualan online, yaitu harus mengetahui cara marketing yang baik, memiliki produk yang berkualitas, dan mengetahui target pasar yang akan dituju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here