Pemerintah Kabupaten Bantul Luncurkan SINOMAN TIBAN untuk Mendorong Digitalisasi

13
Peluncuran Aplikasi SINOMAN TIBAN (Sistem Informasi Manajemen Layanan dan Pengetahuan Menuju Transformasi Digital Bantul) (Foto : Pemkab Bantul)

BeritaYogya.com – Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi dan berkelanjutan. 

Tantangan yang muncul dalam implementasi SPBE adalah kurangnya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengadopsi SPBE sebagai norma budaya kerja sehari-hari. 

Oleh karena itu, pentingnya peran manajemen pengetahuan diharapkan dapat membangun kecerdasan kolektif di antara lembaga pemerintahan pusat dan daerah, serta memperkuat kolaborasi pentahelix untuk menghasilkan inovasi dalam pelayanan publik, sehingga manajemen pengetahuan dapat meningkatkan kualitas pelayanan.

Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul meluncurkan aplikasi SINOMAN TIBAN (Sistem Informasi Manajemen Layanan dan Pengetahuan Menuju Transformasi Digital Bantul) pada Rabu (22/11/2023). 

SINOMAN TIBAN merupakan sebuah sistem yang mengelola pengetahuan untuk mendukung transformasi digital di Kabupaten Bantul. 

Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas, pengelolaan, dan pemanfaatan aset intelektual. 

Sejalan dengan SINOMAN TIBAN, Pemerintah Kabupaten Bantul juga berusaha membangun sistem informasi yang mendukung implementasi SPBE, terutama pada aspek manajemen data dan layanan data terbuka melalui Portal Data Bantul.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul, Bobot Ariffi’ Aidin, S.T., M.T., menyatakan bahwa transformasi digital Bantul bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan, memberikan akses mudah dan cepat terhadap informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan, serta mempercepat peralihan menuju pemerintahan berbasis elektronik.

“Sistem Manajemen Pengetahuan Menuju Transformasi Digital Bantul (SINOMAN TIBAN) dan Portal Data Bantul versi 3.0 yang akan dilaunching ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Bantul,” tutur Bobot.

Selanjutnya, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, memberikan penghargaan atas peluncuran aplikasi SINOMAN TIBAN dan Portal Data Bantul versi 3.0 sebagai dukungan untuk transformasi digital di Pemerintah Kabupaten Bantul.

“Pemerintah daerah di seluruh Indonesia saat ini dituntut untuk menerapkan transformasi digital melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik untuk mempercepat proses pengambilan keputusan. Berdasarkan definisinya, SPBE adalah sebuah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan terhadap pengguna SPBE, bisa publik, masyarakat, maupun pemerintah untuk mempercepat proses pengambilan keputusan dan program kegiatan,” ungkap Halim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here