Penerima Beasiswa Repatriasi 2023 Terima Pembekalan Terkait Wawasan Kebangsaan

2
Para penerima beasiswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Repatriasi 2023, sejumlah 48 siswa, sedang mengikuti program pendidikan wawasan kebangsaan di Kantor Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 12 hingga 15 Oktober 2023. Mereka akan melanjutkan pendidikan di SMA/SMK selama tiga tahun berdasarkan penempatan mereka di tiga provinsi, yaitu Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. (Foto: Kemendikbudristek)

BeritaYogya.com – Para penerima beasiswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Repatriasi 2023, sejumlah 48 siswa, sedang mengikuti program pendidikan wawasan kebangsaan di Kantor Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 12 hingga 15 Oktober 2023. Mereka akan melanjutkan pendidikan di SMA/SMK selama tiga tahun berdasarkan penempatan mereka di tiga provinsi, yaitu Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mendorong para penerima beasiswa ADEM Repatriasi untuk meraih prestasi sebanyak mungkin dan memanfaatkan kesempatan belajar dengan baik. 

Mendikbudristek menekankan bahwa kesempatan ini tidak tersedia bagi semua pelajar di Indonesia. 

Dalam acara Pembekalan Wawasan Kebangsaan di BPMP Kalimantan Selatan, Mendikbudristek juga menekankan pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengingat banyak peluang beasiswa lainnya yang tersedia.

Beasiswa ADEM Repatriasi merupakan inisiatif penting untuk anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tinggal di luar negeri, khususnya di Sabah, Sarawak, dan Johor Bahru, Malaysia. 

Program ini diberikan kepada lulusan SMP untuk melanjutkan pendidikan menengah di 108 sekolah yang menjalankan program ADEM Repatriasi di 11 provinsi.

Selama pelatihan wawasan kebangsaan, diharapkan karakter nasionalisme dan kebangsaan tumbuh dalam diri peserta. Mereka juga diharapkan mampu menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan di masa depan serta mengembangkan jiwa kepemimpinan dan semangat berprestasi.

Pihak berwenang dan pendidik diharapkan bahwa pendidikan yang lebih baik akan membawa perubahan positif bagi anak-anak PMI dan kontribusi yang signifikan dalam membangun Indonesia. 

Para penerima beasiswa ADEM Repatriasi diminta untuk memanfaatkan pendidikan mereka sebaik-baiknya dan berkontribusi positif pada komunitas.

Terkait pendidikan, salah satu siswa penerima beasiswa menyatakan tekadnya untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin agar dapat mengangkat derajat keluarganya. 

Siswa tersebut juga memberikan pesan kepada adik-adik di Malaysia untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi.

Dalam tahun ini, 299 siswa menerima beasiswa ADEM Repatriasi dan mengikuti pelatihan wawasan kebangsaan di beberapa provinsi di Indonesia sebelum melanjutkan pendidikan menengah di sejumlah provinsi lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here