Perbedaan TV Analog dan TV Digital

4
Perbedaan TV Analog dan TV Digital (ilustrasi)

BERITAYOGYA.COM – Migrasi siaran TV analog ke TV digital akan dilakukan secara bertahap setelah Kominfo menginfokan akan menghentikan siaran TV analog.

Sejalan dengan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Penghentian TV analog sepenuhnya akan dilakukan selambat-lambatnya pada 2 November 2022. Untuk tahap awal proses migrasi akan dilaksanakan pada tahun 17 Agustus 2021.

Di tahap satu, layanan yang dimatikan di sebagian wilayah Aceh (Kab. Aceh Besar, Kota Banda Aceh), Kepulauan Riau (Kab. Bintan, Kab. Karimun, Kota Batam, Kota Tanjung Pinang), Banten (Kab. Serang, Kota Cilegon, Kota Serang), Kalimantan Timur (Kab. Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Bontang), Kalimantan Utara (Kab. Bulungan, Kota Tarakan, Kab. Nunukan).

Itu artinya, masyarakat tidak bisa menikmati siaran TV jika tidak migrasi ke TV digital atau memasang STB (set top box).

Berikut ini perbedaan TV analog dan TV digital.

sinyal yang dipancarkan yaitu berupa sinyal analog dan sinyal digital, TV digital terlihat signifikan perbedaan kualitas gambar dan suaranya lebih jernih dan tidak berbintik. Pada TV digital, siaran yang diterima lebih stabil dibandingkan TV analog.

Pada TV analog, sinyal video ditransmisikan dalam bentuk AM, sedangkan audio ditransmisikan dalam FM. Sinyal tersebut dapat mengalami gangguan dari cuaca dan tergantung pada jarak serta lokasi geografis TV yang menerima sinyal. Kualitas gambar yang ditampilkan pada TV analog sangat bergantung pada jarak dan lokasi geografis pemancar sinyal dan TV penerima sinyal.

Sedangkan, sinyal TV digital tidak akan berkurang kekuatannya jika jarak semakin jauh dari pemancar. Kualitas TV digital lebih jernih karena memiliki bandwidth yang luas. Format siaran TV digital juga sudah mendukung format 16:9 yang banyak diadopsi saat ini. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyaksikan siaran TV dengan bidang pandang yang lebih luas dan jernih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here