Peringatan 99 Tahun HKTY Ganjuran: Ajang Toleransi dan Pelestarian Kebudayaan

6
Bupati Bantul dan Romo Paroki Gereja Ganjuran, Abdul Halim dan R Sugihartanto PR dalam Perayaan Satu Abad Gereja Ganjuran (Foto: Pemkab Bantul)

BeritaYogya.com – Peringatan 99 Tahun Hari Kenaikan Tuhan Yesus (HKTY) di Ganjuran digelar secara resmi di Halaman Candi HKTY Ganjuran pada Sabtu lalu. Acara yang dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh agama dari beragam kepercayaan ini menjadi wadah penting bagi toleransi antar umat beragama. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan seni budaya dari kelompok seniman dan artis lokal.

Romo Paroki GKJ Ganjuran, R. Sugihartanto PR, menekankan harapan besar umat Katholik di Paroki Ganjuran untuk menjadi berkat bagi semua orang dan segala hal. Beliau juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap peran penting anak muda dalam melestarikan budaya. Penampilan seni kebudayaan dalam acara ini dianggap sebagai ruang bagi semua umat untuk berkumpul, tanpa memandang agama atau kepercayaan.

Dalam sambutannya, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengapresiasi kontribusi besar Gereja HKTY Ganjuran dalam hal sosial dan kemanusiaan bagi warga Kabupaten Bantul dan sekitarnya. Gereja ini telah lama menunjukkan pengabdian yang luar biasa dalam melayani masyarakat di Kabupaten Bantul.

“Keharmonisan di Kabupaten Bantul adalah harta yang perlu kita jaga dan lestarikan. Kita percaya bahwa kerjasama antar umat beragama dan kerjasama sosial dapat menghasilkan hal-hal yang bermanfaat. Pemerintah Kabupaten Bantul berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan semua pihak karena kita yakin bahwa perbedaan, jika diolah dengan bijak, dapat menghasilkan sesuatu yang positif,” ujar Halim.

Rangkaian acara dimulai pada sore hari dengan sebuah ibadah syukur di gereja yang dipimpin oleh Romo AR Yudono Suwondo PR. Acara malam menjadi puncaknya dengan pentas seni kebudayaan yang dipersembahkan oleh generasi muda sebagai upaya pelestarian seni dan budaya lokal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here