Produsen Otomotif Toyota, Hyundai, dan Wuling Kontribusi Dukung Mobil Listrik Pada KTT ASEAN ke 43 Tahun 2023

10
Kendaraan Listrik untuk Delegasi KTT ASEAN ke 43 (Foto: Kemenparekraf)

BeritaYogya.com – Sebanyak 74 unit IONIQ 6 dan 272 unit Hyundai IONIQ 5 telah dipinjamkan oleh HMID untuk KTT ke-43 ASEAN 2023. Penyerahan mobil-mobil tersebut dilakukan selama Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 di Tangerang, Banten, pada tanggal 11 Agustus 2023. 

Unit IONIQ 6 akan digunakan sebagai kendaraan resmi untuk delegasi VVIP, sementara IONIQ 5 akan dijadikan kendaraan protokol, pengamanan, penyelamatan, dan operasional panitia nasional.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, dalam pernyataan dari siaran pers HMID, mengucapkan terima kasih atas dukungan Hyundai Motors Indonesia untuk KTT ASEAN ke-43 tahun 2023, serta pengikut sebelumnya pada KTT ASEAN di Labuan Bajo dan KTT G-20 di Bali. “Kami berterima kasih atas dukungan Hyundai Motors Indonesia untuk KTT ke-43 ASEAN 2023 setelah sebelumnya pada KTT ASEAN di Labuan Bajo dan KTT G-20 di Bali,” kata Setya.

Sementara itu, Presiden Direktur HMID, Woojune Cha, menyatakan kebanggaannya menjadi bagian dari pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN 2023 dan mendukung Keketuaan Indonesia dalam KTT ASEAN kali ini.

TAM, di sisi lain, meminjamkan 76 unit Toyota Bz4X untuk digunakan sebagai kendaraan resmi oleh pejabat tinggi setingkat menteri yang berpartisipasi dalam KTT ke-43 ASEAN 2023.

WMI juga meminjamkan 150 mobil listrik Wuling AirEv untuk keperluan operasional. Menurut Public Relations Manager Wuling Motors, Brian Gomgom, seluruh unit mobil listrik pertama Wuling di Indonesia memiliki tampilan livery khusus. 

Pada bagian pintu kanan dan kiri, terdapat logo resmi KTT ke-43 ASEAN 2023 yang dipadukan dengan motif batik khas Betawi, termasuk gambar elang bondol dan melati, dengan dominasi warna jingga dan ungu tua. 

Selain itu, bendera merah putih juga tersemat di bagian kap depan mobil. Desain khusus ini terinspirasi oleh batik sebagai salah satu produk budaya masyarakat Betawi, suku asli Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here