Transportasi Publik Kontribusi MRT Jakarta pada KTT ASEAN 2023

4
Presiden Joko Widodo Mencoba MRT (Foto: Kemenparekraf)

BeritaYogya.com – Pembangunan Moda Raya Transportasi (MRT) Jakarta merupakan salah satu langkah yang diambil oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan fasilitas publik di kota ini. Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, memiliki luas wilayah mencapai 7.659 kilometer persegi (km2) dan telah berkembang menjadi pusat bisnis dan perdagangan terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara.

Pembangunan MRT Jakarta, sebuah sistem angkutan massal berbasis kereta sepanjang 16 kilometer, telah dimulai pada Oktober 2013 dan diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo pada 24 Maret 2019. MRT Jakarta menghubungkan 13 stasiun perhentian, dimulai dari Stasiun Lebak Bulus di Jakarta Selatan hingga Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta Pusat. Salah satu dari 13 stasiun tersebut adalah Stasiun ASEAN, yang menjadi satu-satunya stasiun yang diberi nama organisasi kawasan, yaitu Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Lokasi Stasiun ASEAN ini berada tepat di depan gedung Sekretariat ASEAN, yang didirikan pada Juli 1976 dan dirancang oleh arsitek ternama Indonesia, Soejoedi Wiroatmodjo, yang juga mendesain Balai Sidang Jakarta atau Jakarta Convention Center. Menyambut Keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023 dan Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center pada tanggal 5-7 September 2023, pemerintah menunjuk PT MRT Jakarta sebagai mitra penyedia jasa transportasi resmi.

MRT Jakarta resmi ditunjuk sebagai moda transportasi resmi KTT ASEAN 2023, dan ini ditandai dengan peluncuran kartu jelajah berganda (multitrip) edisi terbatas bertema ASEAN. Presiden Jokowi sendiri menggunakan kartu ini dalam perjalanan menuju gedung Sekretariat ASEAN pada 8 Agustus 2023. Terdapat sekitar 2.000 lembar kartu jelajah berganda bertema ASEAN yang tersedia di mesin tiket otomatis (vending machine) di Stasiun ASEAN.

Selain itu, MRT Jakarta juga menggelar pameran tentang sejarah perjalanan ASEAN di Stasiun ASEAN sejak 8 Agustus 2023 hingga 13 Agustus 2023 sebagai bagian dari dukungannya terhadap penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN 2023.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, memastikan bahwa MRT Jakarta akan tetap beroperasi selama pelaksanaan KTT ASEAN 2023 pada tanggal 5-7 September 2023. Meskipun demikian, akan ada pengaturan khusus pada waktu-waktu tertentu untuk memfasilitasi delegasi yang menggunakan MRT Jakarta.

KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta akan dihadiri oleh kepala negara dan pemerintahan dari 11 negara anggota ASEAN, 9 kepala dan wakil pemerintahan negara mitra strategis ASEAN, serta pemimpin dari berbagai kawasan dan organisasi internasional. Tema dari KTT ini adalah “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” dan diharapkan dapat memperkuat pencapaian visi ASEAN 2045 serta meningkatkan kelembagaan ASEAN secara efektif dan efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here