Relawan Asia Tenggara Tanam Pulai di Bantul dalam Rangkaian ARDEX 2023

3
Bupati Bantul, Abdul Halim, dalam kegiatan menanam pulai ARDEX 2023

BeritaYogya.com – Dalam rangka pelaksanaan Asean Regional Disaster Emergency Response Simulation Exercise (ARDEX) 2023 yang berlangsung di Hotel Royal Ambarukmo pada hari Selasa (1/8/2023), peserta acara beralih ke Stadion Sultan Agung, Bantul, untuk menjalankan kegiatan penanaman pohon. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian ARDEX 2023 dan melibatkan perwakilan relawan dari wilayah Asia Tenggara serta para stakeholder terkait.

Sebagai acara kebencanaan berskala internasional, aksi menanam pohon memiliki relevansi penting karena penanaman pohon adalah salah satu langkah yang efektif dalam mengurangi risiko bencana. Verro Bunga, salah satu relawan yang hadir dalam acara tersebut, sepakat dengan pandangan ini. Dia menyatakan bahwa menanam pohon adalah bagian dari upaya penghijauan di daerah rawan bencana seperti longsor dan banjir.

Verro menjelaskan, “Tujuan kegiatan ini sebetulnya untuk penghijauan di tempat minim pepohonan. Dengan demikian, hal ini sekaligus mencegah atau mengurangi risiko bencana di wilayah rawan banjir dan longsor. Intinya tentu meminimalisir bencana-bencana yang mungkin terjadi.”

Dalam acara tersebut, jenis tanaman yang dipilih untuk ditanam di kompleks Stadion Sultan Agung adalah pulai. Pulai, juga dikenal dengan nama latin Alstonia scholaris, dipilih karena karakteristiknya yang cocok sebagai tanaman peneduh dan memiliki kemampuan untuk mereduksi polusi udara. Pulai memiliki batang berwarna hijau gelap dan dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 40 meter.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, ikut serta dalam kegiatan penanaman pulai bersama relawan lainnya. Dia mengapresiasi antusiasme tinggi yang ditunjukkan oleh relawan-relawan dalam ARDEX 2023. Halim berharap semangat ini akan terus berlanjut selama dua hari ke depan, termasuk saat gladi pra-acara dan puncak ARDEX 2023.

Halim menyatakan, “Luar biasa sekali antusiasme dari partisipasi para relawan dalam ARDEX kali ini. Semoga semangat ini terus bertahan sampai puncak ARDEX. Terlebih untuk Bantul, sebagai tuan rumah, mari kita lakukan dan berikan kontribusi yang terbaik.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here