Presiden Joko Widodo Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

3
Presiden Joko Widodo pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (Foto: Instagram @jokowi)

BeritaYogya.com – Presiden Joko widodo menjadi inspektur upacara dalam apel kehormatan dan renungan suci di Tempat Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta selatan. Jokowi berdoa untuk para pahlawan Indonesia yang telah meninggal dunia. Apel kehormatan dan renungan suci tersebut dilaksanakan pada 17 Agustus 2023 pukul 00.00 WIB.

Dalam catatan yang dipegang Jokowi terdapat 10.394 pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata.  Presiden Jokowi mengatakan “dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 78 Republik Indonesia. kami yang hadir hari kamis, 17 Agustus 2023 pukul 00.00 WIB, pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman makam ini sebanyak TNI dan Polri 9.276 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan. Jumlah pahlawan 10.304”.

“Banyak para pejuang yang tidak diketahui nama dan tempatnya di kota kota, di dusun dusun, di lereng lereng gunung di lembah lembah ngarai dan di dasar dasar lautan, kita menyatakan hormat yang setinggi tingginya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pejuang dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan bangsa kita” ungkap Jokowi.

Jokowi menyampaikan ucapan terimakasih kepada pahlawan yang telah berpulang. Dia berdoa semoga arwah para pahlawan dapat ditempatkan di tempat terbaik di surga. Usai Jokowi membacakan renungan suci, menteri agama yaqut cholil qoumas memimpin doa. Dalam acara renungan bersama dan doa tersebut juga dihadiri oleh wakil presiden Maruf amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here