RI akan Nambah Kapasitas Kilang Minyak

4
Rencana Pembangunan Kilang Minyak Baru (Foto: Ilustrasi Pertamina.com)

BeritaYogya.Com -Puluhaan tahun kapasitas kilang minyak Indonesia tak bertambah, akhirnya kapasitas kilang minyak di dalam negeri akan bertambah juga.

Kapasitas kilang minyak di dalam negeri akan bertambah sebesar 425 ribu barel per hari (bph) menjadi 1,425 juta bph dari saat ini hanya 1 juta bph.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan, bahwa akan ada tambahan kapasitas kilang yang berasal dari satu proyek kilang baru (Grass Root Refinery/ GRR) dan perbaikan kualitas dan spesifikasi kilang yang ada saat ini atau Refinery Development Master Plan (RDMP).

Tambahan kapasitas kilang tersebut ditargetkan sepenuhnya beroperasi pada 2027, dengan salah satu proyek yakni RDMP Balongan ditargetkan tuntas pada tahun ini, sehingga bisa menambah kapasitas kilang sebesar 25 ribu barel per hari (bph).

Nicke mengakui, tambahan kapasitas kilang ini lebih rendah dari target awal untuk meningkatkan kapasitas kilang menjadi sebesar 2 juta bph. Hal ini menurutnya dipicu oleh porsi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) secara nasional pada 2050 mendatang diprediksi akan berkurang menjadi 20%.

“Atas dasar itu, perseroan pun merevisi target peningkatan kapasitas pengolahan minyak mentah menjadi 1,425 juta bph dari sebelumnya 2 juta bph. Saat ini kapasitas penuh kilang Pertamina sebesar 1 juta barel per hari (bph) dengan kapasitas operasional rata-rata di kisaran 800 ribu bph”, ungkap Nicke.

Nicke menjelaskan, penurunan target tambahan kapasitas kilang tersebut dilakukan menyusul dengan dorongan kebijakan untuk melakukan transisi ke energi bersih. Dengan adanya kebijakan mengenai pengembangan EBT (Energi Baru Terbarukan), kami review kembali kebutuhan kilang tersebut, sehingga dua tahun lalu kilang baru hanya tinggal satu, yang Bontang dibatalkan,” kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Senin (29/03/2022).

Setidaknya, perusahaan hanya akan fokus merampungkan lima proyek kilang, di antaranya adalah satu proyek GRR di Tuban dan empat RDMP yakni di Kilang Balikpapan, Cilacap, Balongan, dan Dumai. Sejumlah proyek kilang tersebut ditargetkan rampung sepenuhnya pada 2027 mendatang.

Selain menaikkan kapasitas kilang, kualitas produk dari kilang-kilang ini pun nantinya akan meningkat dari saat ini kualitas bensin berstandar EURO II, nantinya akan naik menjadi standar EURO V yang lebih ramah lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here