Sleman dapat Penghargaan SAKIP dengan Predikat A dari Kemenpan RB

20
Pemberian Penghargaan oleh Kemenpan RB kepada Pemkab Sleman (Foto : Pemkab Sleman)

BeritaYogya.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sleman atas penilaian terhadap Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2022. 

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara RBXperience yang berlangsung di Nusa Dua, Bali pada hari Rabu (6/12/2023).

Dalam hasil evaluasi terhadap akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Sleman, yang dilakukan oleh Kemenpan RB, tampak bahwa nilai yang diperoleh mencapai 82,75 dengan predikat A (Memuaskan).

Erwan Agus Purwanto, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kemenpan RB, dalam pernyataan tertulisnya menjelaskan bahwa evaluasi tersebut bertujuan untuk menilai tingkat implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dalam mendorong peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa evaluasi tersebut mencakup penilaian terhadap kualitas perencanaan kinerja, pengukuran kinerja berjenjang, pelaporan kinerja, evaluasi akuntabilitas kinerja internal, dan pencapaian kinerja.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya, yang hadir dan menerima penghargaan SAKIP Kemenpan RB, menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman berhasil mempertahankan prestasi SAKIP pada tahun ini dengan predikat A (Memuaskan).

“Alhamdulillah Pemkab Sleman masih bisa mempertahankan prestasi SAKIP tahun ini. Walaupun belum meraih nilai tertinggi (AA), dari sisi nilai, hasil evaluasi SAKIP Sleman mengalami peningkatan yaitu dari 81 naik ke 82,75,” tuturnya.

Harda menyatakan bahwa hal ini merupakan prestasi yang didapat melalui kerja keras dari berbagai pihak. 

Ia juga mengucapkan apresiasi kepada semua yang terlibat dalam akuntabilitas kinerja sehingga prestasi tersebut diakui oleh Pemerintah Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Harda juga menyampaikan harapannya agar prestasi yang telah diraih Pemkab Sleman dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here