167 Pejabat Fungsional Dilantik, Guru dan Tenaga Kesehatan Dipilih

11
Pengambilan sumpah atau janji jabatan fungsional Pemkot Yogyakarta didampingi para pemuka agama (Foto : Pemkot Jogja)

BeritaYogya.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta telah melantik dan mengambil sumpah sebanyak 167 Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. 

Mayoritas dari pejabat fungsional yang baru dilantik ini merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Yogyakarta dengan jabatan sebagai guru. 

Mereka diminta untuk bekerja secara profesional, mandiri, kompeten, dan dengan semangat pelayanan kepada masyarakat.

Singgih, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, memberikan ucapan selamat kepada para pejabat fungsional yang baru dilantik. 

Dia menekankan pentingnya menjalankan tugas dengan menjaga integritas, loyalitas, disiplin, dan komitmen terhadap tanggung jawab mereka. 

Singgih juga mengingatkan agar para pejabat memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan kinerja guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saya berpesan agar segenap pejabat fungsional yang baru dilantik dapat meneguhkan niat dan tekad untuk menjadi pejabat fungsional yang profesional, mandiri, kompeten, dan berjiwa melayani masyarakat,” tutur Singgih saat acara pelantikan di Grha Pandawa Balai Kota Yogyakarta pada Rabu (29/11/2023).

Total ada 167 pejabat fungsional yang dilantik, terdiri dari 159 guru dan 8 tenaga kesehatan RS Jogja. 

Tenaga kesehatan yang dilantik meliputi radiografer, okupasi terapis, terapis wicara, teknisi elektromedis, dan fisikawan medis.

Singgih menyampaikan bahwa Jabatan Fungsional adalah jabatan dengan fungsi dan tugas terkait pelayanan fungsional berdasarkan keahlian dan keterampilan tertentu. 

Keberadaan Jabatan Fungsional di Pemerintah Kota Yogyakarta dianggap sebagai elemen penting dalam penerapan reformasi birokrasi, yang menjadi komponen strategis dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Adanya penataan jabatan yang disesuaikan dengan keahlian diharapkan mampu menjawab tantangan yang selalu berkembang dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Singgih juga menekankan agar pejabat fungsional yang baru dilantik aktif dalam mengawal pelaksanaan kebijakan, bersifat sensitif, dan responsif terhadap permasalahan yang muncul. 

Mereka juga diharapkan memiliki wawasan, ide, dan inovasi untuk mewujudkan good governance.

“Pelantikan ini merupakan bagian dari penyederhanaan birokrasi untuk mendukung reformasi birokrasi. Birokrasi pemerintahan di wilayah Indonesia harus bersifat ramping, tetapi kaya fungsi dan lebih dinamis langsung memenuhi kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Elisa Christin Erma Wibowo, salah satu pejabat fungsional yang baru dilantik, menyatakan kebahagiaannya setelah mengabdi selama 5 tahun sebagai CPNS dan PNS di Pemkot Yogyakarta. 

Pelantikan ini memberikan semangat baru dalam menjalankan tugas karena membawa peningkatan karier.

“Akan lebih bersemangat dalam mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia. Pasti akan melayani masyarakat karena di bidang pendidikan, melayani kepada siswa dan orang tua wali siswa dengan sebaik mungkin, dengan ramah dan rendah hati,” ungkap Elisa, Guru SMP Negeri 9 Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here