Antusiasme Masyarakat Yogyakarta terhadap Vaksin Rabies Gratis

7
Pemberian Vaksin Gratis oleh Dokter Hewan (Foto : Pemkot Jogja)
Pemberian Vaksin Gratis oleh Dokter Hewan (Foto : Pemkot Jogja)

BeritaYogya.com – Kegiatan vaksinasi rabies yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta di berbagai kelurahan telah menciptakan antusiasme pada masyarakat pemilik hewan kesayangan seperti kucing dan anjing. 

Hal ini dikarenakan oleh pemberian vaksin rabies secara cuma-cuma kepada kucing, anjing, dan kera yang tinggal di Kota Yogyakarta. Vaksinasi rabies ini bertujuan untuk mencegah potensi penyebaran penyakit rabies dan mempertahankan status bebas penyakit rabies di Yogyakarta.

Masyarakat merespons positif kegiatan ini, yang terbukti dengan banyaknya warga yang membawa hewan peliharaan mereka, seperti kucing dan anjing, untuk divaksinasi rabies. Mereka merasa terbantu dengan adanya vaksinasi rabies ini karena tidak dikenakan biaya.

Seorang warga, Khoirunisa, mengatakan bahwa vaksinasi rabies sangat membantu karena jika harus membawanya ke pet shop, biayanya cukup tinggi. “Ini sudah tiga kali ikut vaksinasi,” tuturnya.

Menurutnya, vaksinasi rabies cukup efektif dalam mencegah penularan rabies, terutama saat hewan peliharaan suka menggigit.

Nandini, warga lain dari Muja Muju, membawa sekitar lima ekor kucing untuk divaksinasi rabies. Ini adalah kali pertamanya mengikuti kegiatan vaksinasi rabies yang diselenggarakan oleh Pemkot Yogyakarta. 

“Bagus. Jadi kucing-kucing aman dari virus rabies. Pemiliknya juga jadi lega,” ucap Nandini.

Dokter Hewan Pertama Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, drh Maria Clara Wahyu Putri Ayu, menjelaskan syarat-syarat vaksinasi rabies, termasuk hewan yang memenuhi persyaratan usia, kesehatan, dan ketidakhamilan atau tidak menyusui untuk hewan betina. 

Sebelum divaksinasi, hewan juga harus diberi obat cacing minimal satu atau tiga minggu sebelumnya.

Kegiatan vaksinasi rabies ini diadakan untuk mencegah penyebaran penyakit rabies meskipun belum ada kasus rabies di Yogyakarta.

Setelah divaksinasi, hewan peliharaan tidak boleh dimandikan selama beberapa minggu karena efek samping vaksinasi dapat menyebabkan demam pada anjing dan kucing. 

Sebaiknya vaksinasi rabies ini dilakukan secara rutin setiap setiap tahun sekali.

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mencatat bahwa sejak tanggal 4 hingga 12 September 2023, sebanyak 1.303 ekor anjing, kucing, dan kera telah mengikuti vaksinasi rabies. 

Mayoritas dari jumlah tersebut adalah kucing. Kegiatan vaksinasi rabies akan berlanjut hingga 27 September di setiap kelurahan, Poliklinik Hewan Kota Yogyakarta, dan melibatkan 12 dokter hewan praktik di Kota Yogyakarta. Total dosis vaksin rabies yang disediakan mencapai 2.000 dosis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here