Budidaya Ikan Dalam Ember, Anggota DPRD DIY Dr Stevanus: Solusi Lahan Sempit dengan Berbagai Manfaat Gizi dan Potensi Ekonomi

42
Anggota DPRD DIY, Dr. R. Stevanus Christian Handoko, S.Kom., MM (Foto: beritayogya)

BeritaYogya.com – Pada Senin, 18 September 2023, Paguyuban Sehati dari Kricak, Tegalrejo, Kota Yogyakarta hadir dalam Sosialisasi Budidaya Ikan Dalam Ember. Sosialisasi ini dilakukan di Dinas Perikanan dan Kelautan DIY serta mengundang pembicara ahli, Dr. R. Stevanus Christian Handoko, S.Kom., MM, selaku Anggota DPRD DIY bersama dengan Fajar Indah Hapsari.

Budidamber adalah solusi kreatif untuk mengatasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh masyarakat sekitar, termasuk terbatasnya lahan untuk budidaya ikan, akses terbatas ke sumber air bersih, dan kebutuhan akan pemenuhan gizi, terutama protein hewani dan vitamin dari sayuran dalam makanan sehari-hari. Metode ini memungkinkan setiap keluarga memiliki satu ember untuk budidaya ikan sendiri.

Mengapa memilih lele sebagai ikan budidaya untuk masyarakat? Lele dipilih karena ia merupakan salah satu jenis ikan yang paling mudah untuk dibudidayakan, bahkan dalam lingkungan air yang kurang bersih sekalipun. Kemampuannya untuk beradaptasi menjadikannya pilihan ideal untuk Budidamber.

Sementara itu, penggunaan kangkung sebagai sayuran yang dibudidayakan juga merupakan pilihan bijaksana. Kangkung dikenal mudah tumbuh dalam media air, sehingga dapat beriringan dengan budidaya ikan dalam ember yang sama.

Sosialisasi Budidaya Ikan Dalam Ember bersama Paguyuban Sehati di Dinas Perikanan dan Kelautan DIY

Dr. Stevanus Christian Handoko, sebagai pembicara utama, menjelaskan bahwa program Budidamber memiliki harapan besar untuk memberikan sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat. Ini adalah peluang bagi mereka untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama mereka.

Dengan memberikan pelatihan dan wadah untuk masyarakat setempat, Budidamber diharapkan akan menjadi inisiatif yang dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Kricak, Tegalrejo, dan sekitarnya. Program ini adalah contoh nyata bagaimana inovasi dan pendekatan berkelanjutan dapat membantu memecahkan masalah dan menciptakan peluang baru dalam pertanian dan perikanan lokal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here