Bupati Gunungkidul Serahkan BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

13
Penyerahan BLT DBHCHT di Grogol, Gunungkidul (Foto : Pemkab Gunungkidul)

BeritaYogya.com – Bupati Gunungkidul telah menyalurkan bantuan, yakni Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau, Bantuan Sosial dari Kube FM, dan UEP PKH Graduasi di Kalurahan Grogol, Kapanewon Paliyan, pada Selasa (28/11/2023).

Kepala Dinas Sosial, Asti Wijayanti, menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bagian dari transfer daerah yang diberikan kepada kabupaten yang menghasilkan cukai atau daerah penghasil tembakau, dan diberikan kepada petani tembakau serta buruh tembakau.

“Lokasi Kegiatan Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBH CHT) adalah bantuan yang diberikan kepada Petani Tembakau dan/atau Buruh Tani Tembakau di 8 (delapan) Kapanewon di Kabupaten,” tutur Asti.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk memenuhi syarat mendapatkan bantuan DBH CHT, salah satunya adalah berprofesi sebagai petani atau buruh tembakau.

“Pendampingan DBHCHT ini sudah dimulai dari bulan Juli dan berakhir pada bulan Desember tahun 2023,”

Asti menjelaskan bahwa Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBH CHT) senilai Rp. 616.200.000,- (Enam ratus enam belas juta dua ratus ribu rupiah) diberikan kepada 1.027 (Seribu dua puluh tujuh) Petani Tembakau dan/atau Buruh Tani Tembakau.

“Masing-masing KPM mendapat bantuan sosial sebesar Rp. 600.000,- (Enam ratus ribu rupiah) berupa Buku Tabungan BDG Gunungkidul, juga 4 (empat) Kelompok KUBE FM Penumbuhan dengan bantuan Rp. 80.000.000,- masing-masing KUBE mendapat bantuan Rp. 20.000.000.,” ungkapnya.

Dalam penyerahan simbolis, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, menyatakan harapannya agar dana bagi hasil yang diterima dapat bermanfaat.

“Bantuan dan stimulan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin agar kedepannya bisa menghasilkan stimulan lagi dan di musim kemarau ini semoga dapat terus bertahan,” ucap Bupati.

Dengan hasil panen tembakau mencapai 400 ton dalam setahun, Bupati menyatakan bahwa ini merupakan potensi yang sangat baik karena menjadi salah satu penggerak ekonomi daerah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Asisten II Wahyu Nugroho, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja Supartono, Sekretaris Sat Pol PP Sigit Pramudyanto, serta para penerima bantuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here